BELGIA

Wow, Insentif Pajak dan Subsidi untuk Pengguna Sepeda Capai 300 Jenis

Redaksi DDTCNews | Kamis, 24 Juni 2021 | 10:30 WIB
Wow, Insentif Pajak dan Subsidi untuk Pengguna Sepeda Capai 300 Jenis

Ilustrasi. Pesepeda melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (6/6/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

BRUSSELS, DDTCNews – Asosiasi pengguna sepeda Uni Eropa atau European Cyclists Federation (ECF) membuat daftar insentif pajak dan subsidi yang diberikan negara-negara anggota kepada para pengguna sepeda.

CEO ECF Jill Warren mengatakan terdapat 300 jenis insentif pajak dan subsidi yang ditawarkan pemerintah kepada masyarakat yang membeli dan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Ratusan fasilitas fiskal dan subsidi tersebut berlaku pada 14 negara anggota Uni Eropa.

Menurutnya, banyaknya insentif pajak dan subsidi bagi pengguna sepeda merupakan tanda ledakan minat masyarakat untuk memakai sepeda sebagai alat transportasi. Bisnis pengiriman kargo dengan sepeda juga mulai menjamur di banyak negara Eropa seperti Inggris dan Irlandia.

Baca Juga:
Pilar 1 Tak Kunjung Dilaksanakan, Kanada Bersiap Kenakan Pajak Digital

"Potongan pajak dan diskon pembelian membuka akses sepeda kepada kelompok populasi yang selama ini menggunakan mobil. Ini juga berlaku pada keluarga dan usaha kecil," katanya dikutip pada Kamis (24/6/2021).

Warren menyarankan pemerintah negara anggota Uni Eropa untuk terus memperluas fasilitas insentif pajak bagi pengguna sepeda. Salah satunya adalah memberikan perhatian pada penggunaan sepeda sebagai alat pengiriman barang.

Menurutnya, segmen usaha kargo menggunakan sepeda menjadi salah satu upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi Eropa akibat pandemi Covid-19. Kargo sepeda yang ramah lingkungan juga selaras dengan agenda penurunan emisi karbon Uni Eropa.

Baca Juga:
Inggris Beri Insentif PPN untuk Produk Rumah Tangga yang Disumbangkan

"Administrasi publik harus mereformasi sistem pajak mereka dan memasukkan skema dukungan bagi pembelian sepeda listrik dan untuk keperluan bisnis kargo," ujar Warren.

Sementara itu, CEO Cycling Industries Europe Kevin Mayne meyakini penjualan sepeda akan lebih banyak ketimbang penjualan mobil listrik. Dia berharap insentif fiskal dan nonfiskal yang untuk para pengguna sepeda dapat diperluas ke depannya.

"Insentif fiskal dan subsidi akan menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan industri. Ini akan bermanfaat bagi konsumen, iklim dan lingkungan kota," tuturnya seperti dilansir cyclingindustry.news. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online

Jumat, 19 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam

Jumat, 19 April 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kring Pajak Jelaskan Syarat Piutang Tak Tertagih yang Dapat Dibiayakan

Jumat, 19 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP Persilakan WP Biayakan Natura Asal Penuhi 3M