KEBIJAKAN PAJAK

Penerimaan Pajak Membaik, Sri Mulyani: Dunia Usaha Makin Sehat

Dian Kurniati | Minggu, 15 Mei 2022 | 06:00 WIB
Penerimaan Pajak Membaik, Sri Mulyani: Dunia Usaha Makin Sehat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.

JAKARTA, DDTCNews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai kinerja dunia usaha sudah makin pulih dari tekanan pandemi Covid-19. Hal itu terlihat dari realisasi penerimaan pajak yang terus menunjukkan perbaikan.

Sri Mulyani mengatakan setoran pajak dari dunia usaha merupakan salah satu indikator pemulihan ekonomi. Menurutnya, setoran pajak terus menunjukkan perbaikan dalam tahun berjalan ini seiring dengan membaiknya kinerja dunia usaha dan perekonomian.

"Kalau kita lihat penerimaan pajak sampai dengan April, perusahaan-perusahaan itu sudah mulai pulih, sehat," katanya, dikutip pada Minggu (15/5/2022).

Baca Juga:
Anggota DPR Ini Usul Insentif Pajak untuk Warga yang Adopsi Hewan Liar

Sri Mulyani menuturkan data penerimaan pajak menunjukkan berbagai sektor usaha menunjukkan pemulihan yang kuat seperti manufaktur, perdagangan, dan transportasi. Sementara itu, sektor usaha yang pemulihannya lebih lambat di antaranya perhotelan.

Dia menilai pemulihan sektor usaha akan memberikan dampak yang kuat pada pemulihan ekonomi nasional. Dalam situasi tersebut, biasanya para pelaku usaha akan berupaya menambah modal dan melakukan ekspansi.

"Ini bagus karena berarti mereka mulai lakukan ekspansi usahanya lagi, baik menggunakan modal kerja atau modal investasi," ujarnya.

Baca Juga:
Punya Reksadana dan Saham, Gimana Isi Harga Perolehan di SPT Tahunan?

Sepanjang kuartal I/2022, realisasi penerimaan pajak sudah mencapai Rp322,46 triliun atau 25,49% dari target Rp1.265 triliun. Realisasi tersebut juga mencatatkan pertumbuhan sebesar 41,36%.

Semua sektor usaha utama juga telah mencatatkan pertumbuhan positif. Misalnya industri pengolahan yang tumbuh 44,15%, sektor perdagangan 58,12%, dan sektor pertambangan mencapai 154,66%. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN