SEWINDU DDTCNEWS
PROVINSI DKI JAKARTA

Luncurkan Insentif Pajak Kendaraan dan PBB, Ini Kata Gubernur Anies

Muhamad Wildan
Minggu, 19 Desember 2021 | 12.30 WIB
Luncurkan Insentif Pajak Kendaraan dan PBB, Ini Kata Gubernur Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.

JAKARTA, DDTCNews - Pemprov DKI Jakarta kembali memberikan insentif pajak mulai dari pajak bumi dan bangunan perdesaan perkotaan (PBB-P2) hingga pajak kendaraan bermotor (PKB) yang berlaku hingga akhir tahun ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap kebijakan ini dapat meringankan warga dan sektor perekonomian yang masih terbebani oleh pandemi Covid-19. Dia pun mengimbau warga untuk dapat memanfaatkan insentif tersebut secara optimal.

"Kami berupaya meringankan beban warga di tengah masa pandemi ini yang berdampak pada banyak sektor dan kalangan. Jadi, kami mengajak seluruh wajib pajak untuk memanfaatkan pemberian insentif ini," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip pada Minggu (19/12/2021).

Pemprov memberikan diskon PBB sebesar 10% serta pemutihan atas tunggakan PBB tahun pajak 2013 hingga 2020. Insentif diberikan bila pajak dibayar paling lambat 31 Desember 2021. Untuk PBB tahun pajak 2021, keringanan yang diberikan mencapai 10%.

Khusus untuk wajib pajak dengan PBB terutang di atas Rp1 miliar, wajib pajak dapat mengajukan permohonan angsuran kepada Bapenda DKI Jakarta melalui pajakonline.jakarta.go.id. Wajib pajak dapat mencicil PBB terutang sebanyak 6 kali selama 6 bulan.

Khusus untuk PKB, wajib pajak yang melunasi tunggakan PKB tahun pajak sebelum 2021 berhak mendapatkan keringanan sebesar 5% sekaligus pembebasan sanksi administrasi. Insentif yang sejenis juga diberikan atas PKB tahun pajak 2021.

"Seluruh kebijakan perubahan insentif fiskal daerah tahun 2021 ini diberikan secara otomatis dengan cara melakukan penyesuaian pada Sistem Informasi Manajemen Pajak Daerah," ujar Kepala Bapenda DKI Jakarta Lusiana Herawati. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.