KEBIJAKAN MONETER

Cadangan Devisa Naik Lagi Jadi US$150 Miliar, Ini Kata Bank Indonesia

Muhamad Wildan
Minggu, 08 September 2024 | 13.30 WIB
Cadangan Devisa Naik Lagi Jadi US$150 Miliar, Ini Kata Bank Indonesia

Gedung Bank Indonesia. (foto: Antara)

JAKARTA, DDTCNews - Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia kembali meningkat pada bulan lalu. Cadangan devisa tercatat naik dari US$145,4 miliar pada Juli menjadi US$150,2 miliar pada Agustus 2024.

Dalam keterangan resmi BI, disebutkan bahwa kenaikan cadangan devisa didorong oleh penerimaan pajak dan jasa, penerimaan devisa migas, dan penarikan pinjaman luar negeri oleh pemerintah.

"Posisi cadangan devisa pada akhir Agustus 2024 setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," tulis BI, dikutip pada Minggu (8/9/2024).

Menurut BI, jumlah cadangan devisa per Agustus 2024 sudah mencukupi untuk mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Lebih lanjut, BI juga memandang cadangan devisa saat ini masih memadai untuk terus mendukung ketahanan sektor eksternal.

"Prospek ekspor yang tetap positif serta neraca transaksi modal dan finansial yang diperkirakan tetap mencatatkan surplus sejalan persepsi positif investor terhadap prospek perekonomian nasional dan imbal hasil investasi yang menarik, mendukung tetap terjaganya ketahanan eksternal," sebut BI.

Seabgai informasi, cadangan devisa Indonesia sempat turun signifikan dari US$145,1 miliar pada Januari 2024 menjadi tinggal US$136,2 miliar pada April 2024.

Hal itu terjadi lantaran melemahnya nilai tukar rupiah dari sekitar Rp15.500 per dolar AS pada Januari 2024 menjadi sekitar Rp16.200 per dolar AS pada April 2024.

Gubernur BI Perry Warjiyo meminta masyarakat untuk tidak merisaukan penurunan cadangan devisa. Menurutnya, cadangan devisa memang harus dipakai untuk menstabilkan nilai tukar rupiah di tengah terjadinya pelemahan nilai tukar dan capital outflow.

Perry pun kala itu mengatakan cadangan devisa akan naik sejalan dengan dengan capital inflow dan stabilisasi nilai tukar rupiah.

"Kami perkirakan inflow dan stabilitas nilai tukar akan meningkatkan cadangan devisa ke depan. Kami akan pastikan cadangan devisa akan naik," ujar Perry pada Mei 2024. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.