ADMINISTRASI PAJAK

Coretax DJP, Apakah Akun Wajib Pajak Nanti Harus Diaktifkan?

Redaksi DDTCNews
Kamis, 13 Juni 2024 | 11.50 WIB
Coretax DJP, Apakah Akun Wajib Pajak Nanti Harus Diaktifkan?

Ilustrasi.Ā 

JAKARTA, DDTCNews ā€“ Ditjen Pajak (DJP) akan menyediakan akun wajib pajak ketika coretax administration system (CTAS) diimplementasikan.

Pertanyaannya, apakah akun wajib pajak itu harus diaktifkan? DJP mengatakan nantinya sebagian besar proses administrasi perpajakan dilakukan pada sistem coretax. Seluruh proses bisnis telah terintegrasi di dalamnya.

ā€œSehingga apabila wajib pajak tidak mengaktifkan akunnya maka pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakannya akan terkendala,ā€ tulis DJP, dikutip pada Kamis (13/6/2024).

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 21 proses bisnis akan berubah dengan implementasi CTAS. Adapun sebanyak 6 proses bisnis yang berubah akan terkait langsung dengan wajib pajak. Simak ā€˜Ada PSIAP DJP, 21 Proses Bisnis Perpajakan Ini akan Berubahā€™.

Keenam proses bisnis yang dimaksud adalah pendaftaran (registrasi), pembayaran, pelaporan (pengelolaan Surat Pemberitahuan), layanan wajib pajak, taxpayer account management (TAM), serta knowledge management system.

Selain 6 proses bisnis itu, implementasi CTAS akan memengaruhi proses bisnis yang ada di DJP. Kendati demikian, perubahan proses bisnis tersebut pada akhirnya juga akan memengaruhi wajib pajak secara tidak langsung. Simak ā€˜Coretax DJP, 6 Proses Bisnis Ini Terkait Langsung Wajib Pajakā€™.

DJP mengatakan otoritas memang masih menyediakan beberapa saluran manual terkait dengan pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan. Namun, hal tersebut hanya akan digunakan untuk beberapa situasi tertentu.

ā€œMasih terdapat pilihan penyampaian kewajiban perpajakan secara manual, misalnya penyampaian SPT kertas untuk kategori wajib pajak tertentu,ā€ imbuh DJP.

Adapun penerapan (deployment) CTAS direncanakan pada akhir 2024. Pada saat ini, coretax masuk fase pengujian melalui kegiatan system integration testing (SIT) dan functional verification testing (FVT). Simak ā€˜Perkembangan Coretax DJP, Deployment Direncanakan Akhir 2024ā€™. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.