KEBIJAKAN PAJAK

Optimalkan Pajak Setelah Pandemi, Ini 4 Usulan Kebijakan dari Pakar

Muhamad Wildan | Kamis, 25 Maret 2021 | 16:00 WIB
Optimalkan Pajak Setelah Pandemi, Ini 4 Usulan Kebijakan dari Pakar

Managing Partner DDTC Darussalam. 

JAKARTA, DDTCNews – Setidaknya terdapat 4 kebijakan yang dapat diambil pemerintah untuk mengoptimalkan penerimaan pajak, terutama setelah terjadi pandemi Covid-19.

Pakar pajak sekaligus Managing Partner DDTC Darussalam mengatakan pemerintah perlu mengurangi tax gap, memperluas basis pajak, mengenakan pajak terhadap ekonomi digital, dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak orang kaya atau high net worth individual (HNWI).

“Pandemi ini mengharuskan kita mengambil langkah yang luar biasa di area pajak. Apabila kita mau extra effort, ingin kerja luar biasa, maka 4 contoh ini [perlu dilaksanakan]," ujarnya dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) Badan Anggaran DPR RI, Kamis (25/3/2021).

Baca Juga:
Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Dalam RDPU dengan tema Optimalisasi Penerimaan Perpajakan dan PNBP tersebut, Darussalam menerangkan terdapat beberapa sektor usaha dengan sumbangan penerimaan pajak yang jauh di bawah kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB).

Sebagai contoh, sektor pertanian memiliki kontribusi sebesar 12,1% terhadap PDB. Meski demikian, kontribusi sektor tersebut terhadap penerimaan pajak tercatat hanya sebesar 1,6%.

Sektor konstruksi juga tercatat memiliki setoran penerimaan pajak yang jauh di bawah kontribusinya terhadap PDB. Tercatat, kontribusi sektor konstruksi terhadap PDB mencapai 10,7%. Meski demikian, setoran pajak dari sektor tersebut hanya sebesar 5,4% dari total penerimaan pajak.

Baca Juga:
Penerimaan Pajak Belum Optimal, Pemkab Bikin Satgas Libatkan Pemuda

Ketimpangan ini tidak terlepas dari kebijakan pajak yang berlaku pada sektor tersebut. Basis pajak sesungguhnya juga dapat diperluas melalui perubahan ketentuan, salah satunya melalui penurunan batasan (threshold) omzet pengusaha kena pajak (PKP) yang saat ini sebesar Rp4,8 miliar.

Berdasarkan pada catatan World Bank, threshold omzet PKP Indonesia yang mencapai Rp4,8 miliar membuat PPN yang bisa dikumpulkan Indonesia hanya sebesar 60% dari potensi aslinya. Simak pula ‘Saran World Bank: Turunkan Threshold PKP dan Omzet PPh Final’.

Selain perluasan basis dan pengurangan tax gap, pengenaan pajak atas sektor ekonomi digital dan peningkatan kepatuhan HNWI juga dapat dilakukan untuk mengoptimalkan penerimaan pajak.

Baca Juga:
Hal Unik Ini Hanya Ada di Perpajakan DDTC, Sudah Coba?

Khusus untuk pajak digital, Indonesia untuk saat ini masih mengenakan PPN atas penyerahan produk digital dari luar negeri lewat perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) sebagaimana diatur dalam PMK 48/2020.

Untuk saat ini, Indonesia masih belum mengenakan PPh atas penghasilan PMSE asing meski ketentuan mengenai pengenaan PPh atas penghasilan PMSE asing yang memiliki significant economic presence di Indonesia sudah termuat dalam UU 2/2020.

Khusus atas wajib pajak orang pribadi yang tergolong HNWI, pengenaan pajak kekayaan bisa dipertimbangkan untuk mengoptimalkan penerimaan pajak. Selain menyokong penerimaan pajak, pajak kekayaan juga mampu menciptakan keadilan dan mengurangi ketimpangan.

Baca Juga:
DJPK Minta Pemda Tetapkan Target Pajak Daerah dengan Analisis Tren

Dalam kesempatan tersebut, Darussalam juga menekankan perlunya untuk belajar dari krisis sebelumnya dalam mengantisipasi prospek penerimaan pajak pada masa mendatang. Pertama, melihat pos penerimaan yang terkena dampak dan cepat pulih setelah krisis.

Kedua, melihat pola penurunan tax ratio (tidak hanya sektor pajak) di berbagai kawasan pada saat krisis. Ketiga, melihat tingginya pengaruh dampak resesi bagi tax ratio 2009 yang juga disebabkan jatuhnya harga komoditas.

Menurutnya, terdapat satu pelajaran penting dari krisis 2008 yang relevan bagi prospek tax ratio pada periode pandemi. Risiko penurunan tax ratio, menurut Darussalam, merupakan sesuatu yang sulit untuk dihindari mengingat terkontraksinya perekonomian hampir di seluruh negara.

Baca Juga:
OECD Rilis Roadmap Aksesi, Ada 8 Prinsip Pajak yang Perlu Diadopsi RI

“Tinggi rendahnya penurunan tax ratio akan sangat dipengaruhi dari struktur ekonomi dan komposisi penerimaan pajak di masing-masing negara,” imbuhnya.

Menanggapi masukan tersebut, Wakil Ketua Banggar DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengamini diperlukan keberanian untuk mengubah ketentuan pajak yang selama ini berlaku guna mengoptimalkan penerimaan pajak.

"Yang pasti karena UU ini bukan hal yang tabu untuk diubah. Karena berubahnya hukum tergantung dengan situasi, kondisi, dan zaman," ujar Cucun ketika menutup rapat. (kaw)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

26 Maret 2021 | 08:29 WIB

usulan kebijakan dapat memberikan kontribusi lebih terhadap ekonomi sehingga pajak dan nantinya tax ratio negara pun semakin rendah

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 13:39 WIB PENERIMAAN PAJAK

Efek Harga Komoditas, PPh Badan Terkontraksi 29,8% di Kuartal I/2024

Jumat, 26 April 2024 | 11:09 WIB PENERIMAAN PAJAK

Penerimaan Pajak Secara Neto Kontraksi 8,86 Persen di Kuartal I/2024

Jumat, 26 April 2024 | 10:00 WIB KABUPATEN KLUNGKUNG

Penerimaan Pajak Belum Optimal, Pemkab Bikin Satgas Libatkan Pemuda

BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara

Jumat, 26 April 2024 | 13:39 WIB PENERIMAAN PAJAK

Efek Harga Komoditas, PPh Badan Terkontraksi 29,8% di Kuartal I/2024

Jumat, 26 April 2024 | 13:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Tinggal 4 Hari, DJP: WP Badan Jangan Sampai Telat Lapor SPT Tahunan

Jumat, 26 April 2024 | 13:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perpanjangan SPT Tahunan, DJP: Tak Dibatasi Alasan Tertentu

Jumat, 26 April 2024 | 12:00 WIB PROVINSI GORONTALO

Tarif Pajak Daerah Terbaru di Gorontalo, Simak Daftarnya

Jumat, 26 April 2024 | 11:47 WIB KONSULTASI PAJAK

Ada NITKU, NPWP Cabang Tidak Berlaku Lagi?

Jumat, 26 April 2024 | 11:30 WIB KP2KP MUKOMUKO

Petugas Pajak Ingatkan WP soal Kewajiban yang Sering Dilupakan PKP