PENERIMAAN PAJAK

Setoran Pajak 2021 Capai Target, DPR Wanti-Wanti DJP Soal Ini

Redaksi DDTCNews
Jumat, 31 Desember 2021 | 15.00 WIB
Setoran Pajak 2021 Capai Target, DPR Wanti-Wanti DJP Soal Ini

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Anggota Komisi XI DPR Heri Gunawan menyampaikan apresiasi terhadap kinerja penerimaan pajak yang berhasil mencapai target 100% pada tahun ini.

Menurutnya, pencapaian DJP patut diapresiasi. Pasalnya, setoran pajak bisa mencapai target pada saat banyak indikator ekonomi dalam APBN 2021 yang tidak tercapai.

"Namun, perlu dicatat capaian tersebut tidak terlepas dari adanya berkah kenaikan harga komoditas dan energi yang mendorong aktivitas perdagangan internasional," katanya dikutip pada Jumat (31/12/2021).

Politisi Partai Gerindra itu memaparkan harga komoditas yang meningkat mendorong tumbuhnya setoran pajak dalam rangka impor. Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan setoran PPh impor yang mencapai 32,3% sampai dengan Oktober 2021 dengan nilai nominal setoran Rp182,28 triliun.

Oleh karena itu, DJP perlu memerinci sumber penerimaan pajak yang menjadi faktor utama tercapainya target pada tahun ini. Hal tersebut akan berguna dalam menyusun kebijakan pajak dalam jangka panjang khususnya dalam menentukan target penerimaan.

"Tahun 2021 terjadi berkah dengan kenaikan harga komoditas dan energi. Bagaimana bila ke depan terjadi penurunan harga komoditas dan energi. Ini perlu dipikirkan solusinya," ujarnya.

Dia menambahkan kinerja penerimaan pajak yang mampu mencapai target perlu terus dipertahankan pada tahun-tahun mendatang. Menurutnya, pengalaman shortfall penerimaan periode 2009 hingga 2020 menjadi pelajaran berharga dalam mengamankan realisasi penerimaan.

"Jangan sampai ‘kagetan' karena target pajak tercapai hanya sekali saja," imbuhnya. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.