ADMINISTRASI PAJAK

Anak Belum Dewasa, Bukti Potongnya Bisa Gunakan NPWP Orang Tua

Redaksi DDTCNews
Minggu, 11 Agustus 2024 | 12.30 WIB
Anak Belum Dewasa, Bukti Potongnya Bisa Gunakan NPWP Orang Tua

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews – Pemotong pajak dapat membuat bukti potong (bupot) PPh Pasal 21 atas penghasilan yang diperoleh anak belum dewasa dengan menggunakan NIK anak yang tercantum dalam kartu keluarga atau akta kelahiran.

Penjelasan dari otoritas pajak tersebut merespons pertanyaan dari warganet di media sosial. Kring Pajak menambahkan pemotong juga dapat menggunakan NPWP orang tuanya untuk membuat bupot PPh Pasal 21.

“Jika mau menggunakan NPWP orang tuanya juga bisa. Nanti atas penghasilan anak tersebut dapat dilaporkan dalam SPT orang tuanya,” jelas Kring Pajak di media sosial, Minggu (11/8/2024).

Penghasilan anak yang belum dewasa digabung dengan penghasilan orang tuanya. Artinya, penghasilan yang diterima anak tetap dipotong pajak sepanjang penghasilannya merupakan objek pajak non-final dan/atau objek pajak final.

Merujuk pada UU Pajak Penghasilan, penghasilan anak yang belum dewasa dari mana pun sumber penghasilannya dan apa pun sifat pekerjaannya digabung dengan penghasilan orang tuanya dalam tahun pajak yang sama.

“Yang dimaksud dengan anak yang belum dewasa adalah anak yang belum berumur 18 tahun dan belum pernah menikah,” bunyi penggalan ayat penjelasan Pasal 8 UU Pajak Penghasilan.

Apabila seorang anak belum dewasa, yang orang tuanya telah berpisah, menerima atau memperoleh penghasilan maka pengenaan pajaknya digabungkan dengan penghasilan ayah atau ibunya berdasarkan keadaan sebenarnya.

Sebagai informasi, NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Setiap wajib pajak yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif harus mendaftarkan diri pada kantor DJP yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan wajib pajak dan kepadanya diberikan NPWP.

Berdasarkan UU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), NPWP bagi wajib pajak orang pribadi yang merupakan penduduk Indonesia menggunakan nomor induk kependudukan (NIK). (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.