AUSTRALIA

Beri Konsultasi Pajak Gratis bagi Warga, Australia Tambah ‘Tax Clinic’

Redaksi DDTCNews
Kamis, 10 Oktober 2024 | 18.00 WIB
Beri Konsultasi Pajak Gratis bagi Warga, Australia Tambah ‘Tax Clinic’

Tax Clinic di Edith Cowan University.

AUSTRALIA, DDTCNews - Pemerintah Australia resmi menambahkan 5 klinik pajak baru dalam program nasional klinik pajak gratis (National Tax Clinic Program). Kebijakan ini sudah berjalan sejak 2019 lalu. 

Asisten Bendahara Negara dan Menteri untuk Layanan Keuangan Australia Stephen Jones mengatakan ekspansi kebijakan ini sangat penting dalam meningkatkan literasi pajak. Melalui klinik pajak, warga Australia bisa mendapatkan konsultasi pajak gratis dan lebih mudah diakses.

“Warga bisa punya akses yang mudah untuk memperoleh konsultasi pajak. Ini sangat membantu pelaku usaha yang sebelumnya tidak memiliki modal yang cukup untuk membayar konsultan pajak," kata Jones dilansir Tax Notes International, dikutip pada Kamis (10/10/2024).

Saat ini, sudah 11 klinik pajak gratis yang beroperasi di seluruh Australia. Jumlah klinik pajak akan bertambah menjadi 16 unit per Januari 2025. Untuk menyukseskan penyelenggaraan klinik pajak, pemerintah Australia juga menambah anggaran edukasi pajak menjadi AU$2 juta untuk 2025. Targetnya, ada tambahan 1.000 wajib pajak yang dilayani oleh seluruh tax clinic dalam setahun.

Tidak hanya oleh pelaku UMKM, klinik pajak gratis juga dapat digunakan oleh wajib pajak orang pribadi, wajib pajak badan nonprofit, ataupun lembaga amal. Program ini diketahui telah melayani 2.300 wajib pajak UMKM dan kurang lebih 18.000 wajib pajak sejak 2019. 

Dalam memberikan layanan ini, pemerintah bekerja sama dengan universitas-universitas yang ada di Australia. Layanan konsultasi diberikan oleh mahasiswa dengan jurusan di bidang pajak. Namun, layanan oleh mahasiswa tetap dalam pengawasan mentor dari profesiional di bidang pajak dan hukum.

Beberapa layanan yang diberikan oleh tax clinic ini, di antaranya persiapan permintaan restitusi pajak, persiapan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan, pembayaran pajak terutang, dan pengajuan penghapusan denda pajak. 

Jones menilai, pembukaan 5 klinik baru ini akan menguntungkan berbagai pihak. Masyarakat akan lebih mudah mendapatkan konsultasi dan memberikan kesempatan pelatihan nyata bagi mahasiswa. 

Selain itu, menurutnya, klinik pajak gratis akan membuat wajib pajak memiliki informasi yang lebih baik dalam pengambilan keputusan bisnis dan lebih patuh dalam memenuhi kewajiban pajaknya. (Syallom Aprinta Cahya Prasdani/sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.