IBU KOTA NEGARA (IKN) NUSANTARA

4 Proyek IKN Dikerjakan Korsel, Ada Immersed Tunnel Menuju Balikpapan

Redaksi DDTCNews | Jumat, 29 Juli 2022 | 17:30 WIB
4 Proyek IKN Dikerjakan Korsel, Ada Immersed Tunnel Menuju Balikpapan

Presiden Jokowi dan Presiden Korea Selatan Yoon Sukyeol saat menyaksikan penandatangan kerja sama kedua negara terkait pembangunan IKN Nusantara. (foto: BPMI).

SEOUL, DDTCNews - Pemerintah Indonesia membawa pulang sejumlah kesepakatan strategis dengan Korea Selatan terkait dengan pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

Menutup kunjungan kenegaraannya ke 3 negara Asia Timur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoo Sukyeol, Kamis (28/7/2022). Ada sejumlah kesepakatan yang dibawa pulang pemerintah Indonesia, termasuk kaitannya dengan pembangunan IKN.

"Disepakati 4 bentuk kerja sama konkret khususnya terkait dukungan pengembangan IKN Nusantara," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang ikut mendampingi kunjungan Presiden Jokowi ke Korea Selatan, dikutip dari siaran pers Istana Kepresidenan, Jumat (29/7/2022).

Baca Juga:
Bansos Beras Hingga Akhir Tahun, Jokowi: Saya Usaha, Tapi Enggak Janji

Pertama, pembangunan instalasi pemurnian air dengan kapasitas 300 liter per detik. Instalasi yang akan dibangun di IKN Nusantara berkiblat pada proyek serupa yang sudah rampung di Hwaseong Water Purification Plant.

"Menurut saya ini adalah the best available technology yang sudah diaplikasikan oleh Korea Selatan sehingga [airnya] siap minum," ujar Basuki.

Proyek kedua, pembangunan instalasi pengolahan limbah cair untuk IKN Nusantara. Ketiga, pembangunan smart village pada 2023 mendatang.

Baca Juga:
RUU Daerah Khusus Jakarta Disetujui DPR, Hanya PKS yang Menolak

Pemerintah akan membangun 100 unit rumah sebagai percontohan smart village di IKN Nusantara. Proyek ini akan menduplikasi konsep serupa di Busan Eco Delta Smart City yang dilengkapi dengan 41 jenis teknologi canggih.

Keempat, pembangunan immersed tunnel alias terowongan terbenam (di bawah daratan dan laut) yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan IKN Nusantara. Terowongan ini akan dibangun dengan konsep forest city.

"Kita ingin melindungi bekantan, fauna, dan flora endemik lainnya yang ada di sekitar Teluk Balikpapan. Untuk itu kita tidak akan membangun jembatan yang secara fisik mengubah morfologi lingkungan, melainkan kita coba bangun immersed tunnel seperti di Geoje-Busan," kata Basuki.

Studi kelayakan atas terowongan ini tengah dilakukan dan pembuatan desain akan dirampungkan tahun ini. Sementara pembangunan fisik terowongan direncanakan mulai dikerjakan pada 2023. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 28 Maret 2024 | 15:47 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Bansos Beras Hingga Akhir Tahun, Jokowi: Saya Usaha, Tapi Enggak Janji

Kamis, 28 Maret 2024 | 13:15 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

RUU Daerah Khusus Jakarta Disetujui DPR, Hanya PKS yang Menolak

BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perubahan Kode KLU Wajib Pajak Bisa Online, Begini Caranya

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu Pajak Air Tanah dalam UU HKPD?

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:00 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Koreksi DPP PPN atas Jasa Pengangkutan Pupuk

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Batas Waktu Mepet, Kenapa Sih Kita Perlu Lapor Pajak via SPT Tahunan?