KADANG kala, seorang pengusaha kena pajak (PKP) melakukan kesalahan dalam menginput data saat pembuatan faktur pajak. Dalam kondisi demikian, PKP dapat melakukan revisi atas faktur pajak yang telah diterbitkan sebelumnya dengan menggunakan faktur pajak pengganti.
Lantas, bagaimana cara membuat faktur pajak pengganti? Nah, DDTCNews kali akan menguraikan mengenai tata cara membuat dan mengunggah faktur pajak pengganti melalui e-faktur terbaru, yaitu e-faktur versi 3.2.
Mula-mula, buka dan login aplikasi e-faktur versi 3.2 melalui perangkat komputer. Selanjutnya, buka menu Faktur, pilih submenu Pajak Keluaran, dan klik Administrasi Faktur. Kemudian, sistem akan memunculkan dialog Daftar Faktur Pajak Keluaran.
Silakan cari dan pilih faktur pajak yang ingin diganti pada daftar faktur pajak keluaran. Berikutnya, tekan tombol Pengganti yang terdapat pada bagian bawah. Sistem akan memunculkan notifikasi untuk memastikan bahwa PKP benar-benar ingin mengganti faktur pajak tersebut.
Pada notifikasi tersebut, silakan klik Yes. Sistem akan memunculkan kotak dialog baru berupa Input Faktur. Silakan lengkapi pengisian Dokumen Transaksi terlebih dahulu. Pada bagian ini, jenis faktur akan secara otomatis tertulis jawaban berupa 2 - Faktur Pajak Pengganti.
Jika sudah selesai mengisi Dokumen Transaksi, selanjutnya tekan tombol Lanjutkan. Anda akan menerima notifikasi baru untuk memastikan kembali bahwa Anda akan melakukan penggantian atas faktur pajak tersebut. Silakan klik Yes.
Nanti, Anda diarahkan menuju menu Lawan Transaksi. Seusai mengisi, klik Lanjutkan dan Anda akan diarahkan ke menu Detail Transaksi. Pada bagian ini, lengkapi kolom yang tersedia pada bagian detail barang/jasa dan PPN. Kemudian, tekan Simpan dan klik Yes.
Pada kotak dialog Input Faktur bagian Detail Transaksi, tekan tombol Simpan. Nanti, sistem akan memberikan notifikasi untuk memeriksa kembali faktur pajak yang dibuat dan klik OK. Apabila Anda ingin memeriksa isi faktur, cukup tekan tombol Preview.
Apabila isi faktur pajak sudah benar, Anda dapat melanjutkan proses pengunggahan faktur pajak. Caranya, Anda cukup memilih faktur pajak pengganti yang ingin diunggah dalam Daftar Faktur Pajak Keluaran. Lalu, tekan tombol Upload.
Sistem akan memberikan notifikasi untuk memastikan Anda sudah yakin untuk mengunggah faktur pajak tersebut. Jika Anda sudah yakin, klik Yes dan klik OK. Dengan demikian, status faktur pajak pengganti berubah menjadi Siap Approve.
Selanjutnya, pilih menu Management Upload dan klik submenu Upload Faktur / Retur. Sistem akan memunculkan kotak dialog baru yakni Monitor Upload. Pada kotak dialog ini, tekan tombol Start Uploader.
Kemudian, sistem akan meminta Anda untuk memasukkan kode keamanan dan kata sandi. Jika sudah klik Submit. Selesai. Semoga bermanfaat. (rig)