TIPS PAJAK

Cara Cetak SKF untuk Penggunaan Nilai Buku di Aplikasi M-Pajak

Vallencia
Senin, 15 Mei 2023 | 15.00 WIB
Cara Cetak SKF untuk Penggunaan Nilai Buku di Aplikasi M-Pajak

AKTIVITAS bisnis seperti merger, pemekaran, dan pengambilalihan usaha dapat menyebabkan terjadinya pengalihan harta dari suatu entitas ke entitas lain. Hal ini dapat berimplikasi terhadap kewajiban pajak sehubungan dengan pajak penghasilan (PPh) atas keuntungan pengalihan harta.

Pada dasarnya, keuntungan atas pengalihan harta berasal dari selisih nilai pasar dan nilai buku dari harta tersebut. Wajib pajak umumnya diminta menggunakan nilai pasar untuk mencatat pengalihan harta.

Namun, dalam kondisi tertentu, wajib pajak diperbolehan untuk menggunakan nilai buku atas pengalihan harta dalam rangka merger, pemekaran, dan pengambilalihan usaha. Simak Cara Mengajukan Permohonan Penggunaan Nilai Buku Saat Pemekaran Usaha.

Untuk mengajukan permohonan penggunaan nilai buku atas pengalihan harta dalam rangka merger, pemekaran, dan pengambilalihan usaha, wajib pajak harus melampirkan surat keterangan fiskal (SKF) dari Dirjen Pajak. Kini, SKF tersebut dapat diperoleh dari aplikasi M-Pajak.

Nah, DDTCNews kali ini akan menjelaskan tata cara mencetak SKF di M-Pajak. Mula-mula, pastikan perangkat ponsel Anda sudah dilengkapi dengan aplikasi M-Pajak. Jika belum, Anda bisa mengunduh aplikasi M-Pajak melalui Google Play atau App Store.

Pada halaman beranda, tekan tombol Menu yang terletak pada bagian kanan atas halaman beranda. Kemudian, tekan Masuk agar Anda dapat melakukan login dan menggunakan fitur yang terdapat pada aplikasi M-Pajak.

Masukkan NPWP dan kata sandi untuk login. Pengisian kolom NPWP dan kata sandi sama dengan akun DJP Online yang sudah di aktivasi. Setelah mengisi, pilih Masuk. Sistem akan meminta kode verifikasi yang dikirimkan melalui email terdaftar. Periksa pesan masuk di email Anda.

Temukan kode verifikasi dan masukkan kode pada kolom yang tersedia di M-Pajak. Kemudian, tekan Verifikasi. Jika sudah sesuai, Anda berhasil melakukan login. Berikutnya, tekan tombol Menu dan pilih Layanan Lainnya.

Silakan pilih layanan Surat Keterangan Fiskal (SKF). Selanjutnya, sistem akan menampilkan profil wajib pajak, tekan Cek Validasi. Lalu, isi kolom keperluan pencetakan SKF dengan opsi Syarat Pengajuan Penggunaan Nilai Buku Atas Pengalihan Harta Dalam Rangka Penggabungan, Peleburan, Pemekaran, atau Pengambilalihan Usaha.

Kemudian, tekan tombol Cetak SKF. Sistem akan mengarahkan Anda pada halaman daftar unduhan. Pada halaman tersebut, tekan tombol dengan ikon unduh pada SKF terkait. Kemudian, SKF akan terunduh pada perangkat ponsel. Selesai. Semoga bermanfaat. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.