RUST CONFERENCE 2021

Lagi, Profesional DDTC Terpilih Jadi Pembicara Konferensi di Austria

Redaksi DDTCNews | Senin, 18 Januari 2021 | 21:45 WIB
Lagi, Profesional DDTC Terpilih Jadi Pembicara Konferensi di Austria

JAKARTA, DDTCNews – Profesional DDTC kembali terpilih menjadi pembicara dalam konferensi internasional, Rust Conference, di Austria pada 1—3 Juli 2021.

Dia adalah Partner of Transfer Pricing Services DDTC Romi Irawan. Profesional DDTC terpilih menjadi national reporter dalam konferensi yang digelar Institute for Austrian and International Tax Law, Vienna bertema Mandatory Disclosure Rules (MDR).

Seperti diketahui, Laporan Aksi ke-12 BEPS pada 2015 memberi rekomendasi rancangan aturan yang mengharuskan wajib pajak dan advisor untuk mengungkapkan perencanaan pajak yang agresif (aggressive tax planning arrangements) kepada otoritas pajak.

Baca Juga:
Dapatkan Peraturan Pajak Terbaru via WhatsApp dan Email, Cek Caranya

Laporan tersebut menetapkan rekomendasi kerangka kerja standar agar digunakan oleh negara-negara yang ingin menetapkan atau mengubah MDR untuk mendapat informasi awal tentang skema aggressive tax planning dan penggunanya.

Rekomendasi tersebut untuk mencari keseimbangan antara kebutuhan informasi awal tentang skema aggressive tax planning dengan persyaratan pengungkapan (disclosure) tepat sasaran, dapat dilaksanakan, serta menghindari beban kepatuhan yang tidak semestinya ditanggung wajib pajak.

Di dalam Uni Eropa, Council Directive (EU) 2018/822 pada 25 Mei 2018 mengubah Directive 2011/16/EU mengenai pertukaran informasi otomatis di bidang perpajakan yang wajib (mandatory AEoI) yang berhubungan dengan pengaturan lintas yurisdiksi. Arahan ini dikenal dengan DAC 6.

Baca Juga:
Tidak Semua Rumah Bebas PPN! Cek Syarat & Ketentuannya di Sini

Adapun DAC 6 ini mewajibkan negara anggota Uni Eropa menerapkan pelaporan wajib dari pengaturan lintas yurisdiksi yang mempengaruhi setidaknya satu negara anggota yang termasuk dalam salah satu dari sejumlah indikasi potensial dari aggressive tax planning. Laporan ini dipertukarkan secara otomatis antara negara anggota Uni Eropa.

Sebagai national reporter, Romi akan menjabarkan perbandingan hukum dari MDR domestik, rencana kebijakan, atau aturan sebanding secara sistematis yang dilaksanakan berdasarkan Aksi ke-12 BEPS atau DAC 6 atau bahkan sebelum instrumen ini dirilis.

Perbandingan tersebut berkaitan dengan ruang lingkup, konsekuensi, aspek prosedural, dan kritik yang dilontarkan oleh berbagai pemangku kepentingan. Kritik tersebut misalnya terkait dengan potensi pelanggaran hak fundamental atau kepatuhan yang berlebihan.

Sebelum tahun ini, sejak 2016 DDTC selalu diundang dalam Rust Conference. Adapun profesional DDTC yang terpilih adalah:


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 19 Maret 2024 | 09:30 WIB LITERATUR PAJAK

Tidak Semua Rumah Bebas PPN! Cek Syarat & Ketentuannya di Sini

Kamis, 14 Maret 2024 | 10:30 WIB LITERATUR PAJAK

Impor Buku Ini Bisa Bebas PPN dan Bea Masuk, Begini Panduannya

Kamis, 14 Maret 2024 | 09:00 WIB LITERATUR PAJAK

Perlakuan PPN atas Barang Kebutuhan Pokok, Baca Panduannya di Sini

BERITA PILIHAN