APLIKASI PAJAK

Keren! Mahasiswa Bikin Aplikasi Marketplace Konsultasi Perpajakan

Redaksi DDTCNews | Jumat, 03 September 2021 | 19:30 WIB
Keren! Mahasiswa Bikin Aplikasi Marketplace Konsultasi Perpajakan

Tampilan laman UniTax. 

JAKARTA, DDTCNews - Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi UI menciptakan aplikasi berbasis internet yang bisa meningkatkan kepatuhan pajak.

Dosen FIA UI Neni Susilawati mengatakan aplikasi tersebut digagas oleh tim kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan yang terdiri dari 5 mahasiswa FIA UI angkatan 2019. Inovasi tersebut dikemas dengan nama UniTax yang dapat diakses pada laman www.unitax-id.com.

"UniTax hadir sebagai platform inovatif yang dapat menjawab sebagian persoalan yang ada terkait kepatuhan wajib pajak. Banyak sekali WP yang tidak patuh pajak bukan karena tidak mau, namun karena tidak mampu," katanya dalam keterangan resmi dikutip pada Jumat (3/9/2021).

Baca Juga:
WP Bisa Dapat SP2DK atau Diperiksa Jika Data Konkret segera Daluwarsa

Aplikasi UniTax beroperasi layaknya marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli secara online atau multi-sided platform. UniTax berperan sebagai platform yang mempertemukan wajib pajak dengan mitra konsultan pajak.

Layanan UniTax ini memiliki tiga karakteristik utama. Pertama, UniTax menawarkan fleksibilitas konsultasi perpajakan. Sehingga mampu mengakomodir tren pekerjaan paruh waktu atau freelance dan meningkatkan lapangan kerja.

Kedua, accessible yang menawarkan kemudahan dalam setiap layanan agar mendorong tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Ketiga, trustworthy yang memberikan kepercayaan sebagai landasan utama pelayanan dari sisi sistem.

Baca Juga:
PPPK Bakal Gelar USKP A Sebanyak 3 Kali pada Tahun Ini, USKP B Sekali

Salah satu fitur dalam UniTax adalah fleksibilitas waktu konsultasi pajak bagi wajib pajak maupun mitra konsultan. Proses konsultasi dapat dilakukan melalui fitur chat dan konferensi video yang dapat diakses selama 24 jam.

"Multisided platform pajak ini mampu menjembatani WP yang membutuhkan edukasi dan konsultasi pajak dengan konsultan pajak dari berbagai kalangan. Dengan UniTax, konsultasi pajak menjadi mudah, murah, terjangkau dan terpercaya," ungkapnya.

Aplikasi yang dibuat oleh Hafidh Nadhor Tsaqib, An Nisaa’ Fitri Ratnasari, Aura Rasyiqa Ramadhina, Dhimas Bramasta Lande, dan Judith Adelia Maharani ini juga memiliki fitur forum diskusi perpajakan. Pengguna UniTax dapat bertukar pendapat tentang topik atau isu seputar perpajakan. Artikel perpajakan juga tersedia sebagai salah satu fitur UniTax.

"Semoga melalui UniTax ini, masyarakat dapat terbantu dalam menyelesaikan kewajiban perpajakannya. Ditambah lagi, mitra konsultan pajak dapat terbantukan untuk memiliki platform di luar jam kerja normalnya secara fleksibel. Oleh karena itu, UniTax diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kepatuhan pajak di Indonesia," ungkap salah satu co-founder UniTax, Hafidh Nadhor Tsaqib. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

03 September 2021 | 20:34 WIB

Kontribusi yang luar biasa oleh mahasiswa sebagai anak bangsa. Tapi, aplikasi yang mempermudah masyarakat dan bisa meningkatkan kepatuhan wajib pajak ini jika memang ingin diimplementasikan harus dibarengi dengan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, akses internet dan kemudahan penggunaan juga hal yang perlu dipikirkan. Mau bagaimanapun, aplikasi ini sangat keren!

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 11 April 2024 | 10:30 WIB KONSULTASI PAJAK

Apa Syarat Investasi Padat Karya Bisa Dapat Investment Allowance?

Kamis, 04 April 2024 | 15:45 WIB KONSULTASI PAJAK

Ekspor Jasa Web Hosting Dapat Tarif PPN 0%, Ada Syarat Tertentu?

Sabtu, 30 Maret 2024 | 09:45 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

WP Bisa Dapat SP2DK atau Diperiksa Jika Data Konkret segera Daluwarsa

Jumat, 29 Maret 2024 | 15:15 WIB KONSULTASI PAJAK

Beli Rumah Sangat Mewah di KEK Pariwisata Bebas PPh, Perlu SKB?

BERITA PILIHAN
Selasa, 16 April 2024 | 11:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

Surat Keterangan Fiskal Bisa Beri Citra Positif Perusahaan Calon AEO

Selasa, 16 April 2024 | 11:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pajak Masukan atas Emas Tidak Dapat Dikreditkan Tapi Bisa Dibebankan

Selasa, 16 April 2024 | 10:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

Pergantian Pemerintah, KPK Desak Pejabat Terbuka Soal Kepatuhan Pajak

Selasa, 16 April 2024 | 09:50 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Telat Upload Faktur Pajak Kemarin? Ini Alternatif yang Bisa Ditempuh

Selasa, 16 April 2024 | 09:45 WIB PROVINSI SUMATERA SELATAN

Simak! Tarif Pajak Daerah Terbaru di Provinsi Sumatera Selatan

Selasa, 16 April 2024 | 09:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ingat! Hari Ini Batas Akhir Setor dan Lapor PPh Masa Maret 2024

Selasa, 16 April 2024 | 09:10 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Konflik Iran-Israel, Pemerintah Antisipasi Kenaikan Harga Komoditas

Selasa, 16 April 2024 | 08:30 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Lapkeu Diaudit AP? Jika Tak Dilampirkan, SPT Dianggap Tak Disampaikan