ADMINISTRASI PAJAK

Belum 18 Tahun tapi Sudah Punya KTP, Bisakah Daftar NPWP?

Redaksi DDTCNews
Senin, 07 Oktober 2024 | 19.30 WIB
Belum 18 Tahun tapi Sudah Punya KTP, Bisakah Daftar NPWP?

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews – Kring Pajak menegaskan anak yang belum berusia 18 tahun tidak dapat mendaftarkan dirinya untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), meski anak bersangkutan sudah mempunyai KTP.

Penjelasan dari otoritas pajak tersebut merespons pertanyaan dari salah seorang warganet di media sosial. Kring pajak menyebut anak yang belum berumur 18 tahun dan belum pernah menikah tidak dapat melakukan pendaftaran NPWP.

“Sesuai Pasal 8 ayat (2) PER-4/PJ/2020, anak yang belum dewasa yaitu anak yang belum berumur 18 tahun dan belum pernah menikah…tidak dapat mendaftarkan dirinya untuk memperoleh NPWP atas nama dirinya sendiri,” sebut Kring Pajak di media sosial, Senin (7/10/2024).

Ketentuan itu juga tercantum dalam Pasal 8 ayat (4) UU Pajak Penghasilan s.t.d.t.d UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa penghasilan anak yang belum dewasa digabung dengan penghasilan orang tuanya.

Merujuk pada ayat penjelas UU PPh, penghasilan anak yang belum dewasa dari mana pun sumber penghasilannya dan apa pun sifat pekerjaannya digabung dengan penghasilan orang tuanya dalam tahun pajak yang sama.

Yang dimaksud dengan anak yang belum dewasa adalah anak yang belum berumur 18 tahun dan belum pernah menikah.

Apabila seorang anak belum dewasa, yang orang tuanya telah berpisah, menerima atau memperoleh penghasilan, pengenaan pajaknya digabungkan dengan penghasilan ayah atau ibunya berdasarkan keadaan sebenarnya.

Sebagai informasi, NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan, yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.