ADMINISTRASI PAJAK

Simulator Coretax Sudah Bisa Digunakan Wajib Pajak via DJP Online

Dian Kurniati
Selasa, 24 September 2024 | 15.30 WIB
Simulator Coretax Sudah Bisa Digunakan Wajib Pajak via DJP Online

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Ditjen Pajak (DJP) menyediakan simulator sebagai sarana edukasi coretax administration system kepada wajib pajak.

Dirjen Pajak Suryo Utomo mengatakan edukasi coretax menggunakan simulator dilaksanakan dengan berbasis internet. Cakupan wajib pajak yang bakal mendapatkan edukasi pun menjadi lebih luas ketimbang metode sebelumnya yang memakai intranet.

"Simulasi kami coba buka melalui internet dan media aplikasinya pun kami siapkan di DJP Online," katanya, dikutip pada Selasa (24/9/2024).

Suryo menuturkan simulator coretax telah tersedia sejak 23 September 2024. Terdapat berbagai fitur yang dapat digunakan dalam simulator tersebut antara lain pembuatan faktur pajak dan bukti potong PPh, pembayaran pajak, pelaporan SPT, pembuatan deposit pajak, hingga taxpayer ledger.

Untuk menggunakan simulator coretax tersebut, wajib pajak perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Adapun pendaftaran diri dilaksanakan melalui akun DJP Online wajib pajak.

Setelah mendaftarkan diri, DJP akan mengirimkan tautan, username, dan password simulator dalam maksimal 3 hari kerja setelah pendaftaran dinyatakan sukses. Untuk diperhatikan, simulator coretax ini nantinya tidak hanya tersedia dalam bahasa Inggris, tetapi juga dalam bahasa Indonesia.

Sejak 12 Agustus 2024, DJP telah melaksanakan edukasi dalam lingkup koneksi intranet dengan menggunakan aplikasi yang masih purwarupa. Kala itu, edukasi coretax diprioritaskan kepada wajib pajak badan dengan status pengusaha kena pajak (PKP), dengan metode hands on.

Suryo menjelaskan coretax bakal diimplementasikan pada akhir tahun ini. Sebelum terimplementasi, wajib pajak diharapkan sudah familier terhadap coretax system.

"Makanya untuk familierisasi kepada masyarakat wajib pajak, terus menerus kami melakukan [edukasi] supaya tidak ada gap pada waktu implementasi," ujarnya. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.