CORETAX SYSTEM

Fitur Simulator Coretax Belum 100 Persen, DJP: Dilengkapi Bertahap

Muhamad Wildan
Senin, 23 September 2024 | 19.00 WIB
Fitur Simulator Coretax Belum 100 Persen, DJP: Dilengkapi Bertahap

Salah satu fitur pelaporan SPT Tahunan dalam coretax system.

JAKARTA, DDTCNews - Ditjen Pajak (DJP) mengaku akan terus melengkapi fitur-fitur yang tersedia dalam simulator coretax administration system (CTAS) secara bertahap.

Dirjen Pajak Suryo Utomo mengatakan fitur-fitur simulator coretax yang diprioritaskan oleh DJP adalah yang berkaitan dengan kewajiban untuk mendaftarkan diri sebagai wajib pajak serta membayar dan melaporkan pajak.

"Kita selesaikan secara bertahap terutama yang berkaitan dengan wajib pajak dalam konteks layanan dan juga dalam pemenuhan kewajiban pajak, mulai dari daftar, bayar, lapor, itu yang pertama kali kami siapkan fiturnya," ujar Suryo, Senin (23/9/2024).

Ke depan, simulator coretax tetap bisa digunakan oleh wajib pajak meski coretax sudah resmi diluncurkan dan bisa digunakan oleh wajib pajak. Menurut Suryo, simulator akan terus dibuka untuk mendukung kegiatan pemberian edukasi.

Seperti diketahui, wajib pajak perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk menjajal simulator coretax. Pendaftaran diri dilaksanakan melalui akun DJP Online wajib pajak.

Setelah mendaftarkan diri, DJP akan mengirimkan link, username, dan password simulator coretax dalam waktu maksimal 3 hari kerja setelah pendaftaran dinyatakan sukses.

"Silakan melakukan pengecekan secara berkala atas email yang telah didaftarkan saat registrasi," tulis DJP dalam notifikasi yang muncul setelah mendaftarkan diri untuk mengakses simulator coretax.

Untuk saat ini, simulator coretax hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. Meski demikian, nantinya coretax bakal tersedia dalam 2 bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

DJP berencana untuk melakukan deployment coretax pada akhir tahun ini. Dengan demikian, wajib pajak bakal melaksanakan hak dan menunaikan kewajiban pajaknya menggunakan coretax mulai tahun depan. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.