KAMUS KEPABEANAN

Apa Itu BCL.KT 01, BCL.KT 02 dan BCL.KT 03 dalam Fasilitas KITE?

Nora Galuh Candra Asmarani | Jumat, 29 September 2023 | 19:00 WIB
Apa Itu BCL.KT 01, BCL.KT 02 dan BCL.KT 03 dalam Fasilitas KITE?

PEMERINTAH berupaya mendorong kinerja ekspor dengan memberikan beragam fasilitas fiskal. Pemberian beragam fasilitas tersebut juga diharapkan dapat memperkuat daya saing perusahaan dan meningkatkan investasi.

Salah satu jenis fasilitas yang diberikan untuk meningkatkan ekspor adalah kemudahan impor tujuan ekspor (KITE). Secara ringkas, KITE ialah fasilitas yang diberikan terhadap barang dan bahan impor yang akan diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain dengan tujuan untuk diekspor.

Fasilitas KITE tersebut terdiri atas KITE pembebasan, KITE pengembalian, dan KITE Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Baca Juga:
Barang dari Luar Negeri Sampainya Lama, Pasti Kena Red Line Bea Cukai?

KITE pembebasan merupakan fasilitas pembebasan bea masuk serta PPN atau PPN dan PPnBM terutang tidak dipungut atas impor atau pemasukan barang dan bahan untuk diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain dengan tujuan untuk diekspor (Pasal 1 angka 4 PMK 149/2022).

Kemudian, KITE pengembalian adalah pengembalian bea masuk yang telah dibayar atas impor atau pemasukan barang dan bahan untuk diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain dengan tujuan untuk diekspor (Pasal 1 angka 4 PMK 145/2022).

Sementara itu, KITE IKM adalah kemudahan berupa pembebasan bea masuk serta PPN atau PPN dan PPnBM terutang tidak dipungut atas impor dan/atau pemasukan barang dan/atau bahan untuk diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain dengan tujuan ekspor dan/atau penyerahan produksi IKM.

Baca Juga:
Jenis Barang yang Dapat Rush Handling Ditambah, DJBC Ungkap Tujuannya

Ketiga jenis KITE tersebut memiliki ketentuannya masing-masing. Kendati memiliki ketentuan yang berbeda, ketiganya memiliki satu kesamaan yaitu adanya kewajiban membuat BCL.KT. Lantas, apa yang dimaksud dengan BCL.KT?

Secara ringkas, BCL.KT merupakan istilah lain untuk menyebut laporan pertanggungjawaban bahan baku asal fasilitas KITE. Mengutip Buku Pintar KITE dan Buku Pintar KITE IKM yang diterbitkan DJBC, BCL.KT terdiri atas 3 jenis, yaitu BCL.KT 01, BCL.KT 02, dan BCL.KT 03.

BCL.KT 01 adalah laporan pertanggungjawaban realisasi ekspor hasil produksi yang menggunakan barang dan bahan impor fasilitas KITE pembebasan.

Baca Juga:
Sengketa Nilai Pabean atas Bea Masuk Impor Ventilator

Sementara itu, BCL.KT 02 adalah laporan penggunaan barang dan bahan impor KITE pengembalian atas hasil produksi yang telah diekspor. Adapun BCL.KT 02 tersebut dilampirkan pada permohonan pengembalian.

Sebagai informasi, permohonan pengembalian adalah surat permohonan dari perusahan KITE pengembalian untuk memperoleh pengembalian atas pembayaran bea masuk barang dan bahan yang diimpor atas hasil produksi yang telah diekspor.

Terakhir, BCL.KT03 adalah laporan pertanggungjawaban realisasi ekspor hasil produksi yang menggunakan barang dan bahan impor fasilitas KITE IKM. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Sabtu, 18 Mei 2024 | 14:45 WIB LAYANAN KEPABEANAN

Barang dari Luar Negeri Sampainya Lama, Pasti Kena Red Line Bea Cukai?

Jumat, 17 Mei 2024 | 19:45 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Nilai Pabean atas Bea Masuk Impor Ventilator

Jumat, 17 Mei 2024 | 17:00 WIB KAMUS CUKAI

Apa Itu Dokumen CK-1 dalam Konteks Percukaian?

BERITA PILIHAN
Minggu, 19 Mei 2024 | 20:20 WIB UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS)

Silaturahmi Alumni FEB (KAFEB) UNS, Darussalam Berbagi Pengalaman

Minggu, 19 Mei 2024 | 18:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Baru Daftar NPWP Orang Pribadi, WP Tak Perlu Lakukan Pemadanan NIK

Minggu, 19 Mei 2024 | 17:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ajukan Pemanfaatan PPh Final 0 Persen di IKN, Begini Ketentuannya

Minggu, 19 Mei 2024 | 12:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

BP2MI Minta Barang Kiriman PMI yang Tertahan Segera Diproses

Minggu, 19 Mei 2024 | 12:00 WIB PERATURAN PAJAK

Jika Ini Terjadi, DJP Bisa Minta WP Naikkan Angsuran PPh Pasal 25

Minggu, 19 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Penghitungan PPh 21 atas Penarikan Uang Manfaat Pensiun bagi Pegawai