VIETNAM

Otoritas Ini Dorong Perbankan Bergabung di Aplikasi eTax Mobile

Dian Kurniati | Selasa, 12 Juli 2022 | 19:30 WIB
Otoritas Ini Dorong Perbankan Bergabung di Aplikasi eTax Mobile

Ilustrasi.

HANOI, DDTCNews - Otoritas pajak Vietnam, General Department of Taxation (GDT) mendorong para perbankan untuk ikut bergabung dalam aplikasi eTax Mobile.

Direktur Teknologi Informasi GDT Pham Quang Toan mengatakan saat ini sudah ada 6 bank yang tergabung dalam eTax Mobile. Menurutnya, wajib pajak akan makin dimudahkan apabila perbankan yang terhubung di aplikasi itu terus bertambah.

"Aplikasi ini membawa banyak manfaat bagi wajib pajak sehingga akan terbentuk ekosistem layanan pajak cerdas," katanya, Senin (11/7/2022).

Baca Juga:
Evaluasi Raperda Pajak Daerah, Ini Rentetan Temuan DJPK Kemenkeu

Toan menuturkan eTax Mobile menjadi bagian dari proyek pengembangan pembayaran nontunai pada 2021-2025 dan program transformasi digital nasional hingga 2025. Untuk itu, otoritas berupaya untuk membentuk ekosistem yang memudahkan masyarakat membayar pajak secara nontunai.

Aplikasi eTax Mobile adalah saluran dalam platform terintegrasi yang menyediakan layanan pajak secara elektronik kepada wajib pajak. Aplikasi ini dapat dinikmati wajib pajak orang pribadi dan UMKM orang pribadi.

Selama ini, lanjut Toan, layanan pajak di Vietnam lebih banyak dilakukan melalui kontak tatap muka, panggilan telepon, email, atau laman GDT. Dengan eTax Mobile, wajib pajak kini dapat mencari informasi atau mengakses layanan pajak melalui ponsel atau tablet.

Baca Juga:
Penuhi Amanat UU HKPD, Pemkot Tangsel Atur Ulang Tarif Pajak Daerah

Otoritas mengembangkan eTax Mobile untuk mengimbangi tren komunikasi wajib pajak yang berfokus pada ponsel. Melalui kerja sama dengan perbankan, proses pembayaran pajak akan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

"GDT akan terus berkomunikasi dengan semua bank sehingga semua wajib pajak dapat membayar pajak secara elektronik pada aplikasi eTax Mobile," ujar Toan seperti dilansir vietnamplus.vn.

Hingga 22 Juni 2022, bank yang sudah tersambung di aplikasi antara lain BIDV, VCB, SCB, ACB, HDBank, dan TPBank. Keenam bank tersebut telah melayani 29.000 transaksi pembayaran pajak senilai lebih dari VND190 miliar atau Rp122,16 miliar melalui aplikasi eTax Mobile. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 24 April 2024 | 15:15 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Evaluasi Raperda Pajak Daerah, Ini Rentetan Temuan DJPK Kemenkeu

Rabu, 24 April 2024 | 14:00 WIB KOTA TANGERANG SELATAN

Penuhi Amanat UU HKPD, Pemkot Tangsel Atur Ulang Tarif Pajak Daerah

Rabu, 24 April 2024 | 13:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Bappenas: Wacana Badan Penerimaan Negara di RKP 2025 Belum Final

Rabu, 24 April 2024 | 11:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Syarat Daftar Kerja Pakai NPWP 15 Digit atau 16 Digit? Begini Kata DJP

BERITA PILIHAN