KEBIJAKAN PEMERINTAH

Indonesia Salurkan 10 Juta Vaksin Polio ke Afghanistan

Muhamad Wildan | Minggu, 10 Maret 2024 | 15:30 WIB
Indonesia Salurkan 10 Juta Vaksin Polio ke Afghanistan

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (kedua kanan) berbincang dengan Menkeu Sri Mulyani (kanan), Menkes Budi Sadikin (kiri), dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/2/2024). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.

JAKARTA, DDTCNews - Melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau yang juga dikenal dengan Indonesian AID, pemerintah menyalurkan bantuan berupa 10 juta dosin vaksin polio ke Afghanistan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut 10 juta dosis vaksin polio produksi PT Biofarma Indonesia tersebut akan dikirim ke Afghanistan melalui UNICEF.

"Pemerintah bekerja sama dengan UNICEF mengirimkan 10 juta dosis vaksin untuk menjangkau 3,3 juta anak-anak berusia di bawah 3 tahun di seluruh Afghanistan," katanya, dikutip pada Minggu (10/3/2024).

Baca Juga:
BPK Sampaikan 14 Temuan pada LKPP 2023, Ada yang Terkait PPh dan PPN

Afghanistan merupakan 1 dari 2 negara di dunia yang masih dalam status endemik polio. Terbatasnya pasokan vaksin dan kurang memadainya fasilitas kesehatan makin mengancam masa depan anak-anak di negara tersebut.

Sebagai negara yang secara aktif menjalankan diplomasi perdamaian dan kemanusiaan sebagaimana amanat konstitusi, pemerintah Indonesia berkomitmen membantu rakyat Afghanistan menghadapi situasi ini melalui bantuan vaksin.

"Kita berharap sumbangan dari Indonesia ini dapat mewujudkan cita-cita kesejahteraan sosial dan keadilan sosial tidak hanya bagi seluruh rakyat Indonesia, tetapi juga bagi seluruh dunia," tutur Sri Mulyani.

Baca Juga:
Tarif PPh Pasal 22 Impor Ditentukan Berdasarkan Kepemilikan API

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan situasi kemanusiaan di Afghanistan masih belum membaik. Sistem kesehatan yang tidak memadai menyebabkan masyarakat Afghanistan rentan terpapar penyakit menular.

"Di tengah situasi ini, tentunya kita wajib membantu. Dan ini juga berdasarkan permintaan dari pihak Afghanistan untuk dapat menyumbangkan vaksin polio. Kalau kita bicara mengenai vaksin polio, saya kira kita termasuk yang paling maju," ujarnya.

Retno pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta dalam penyediaan bantuan ini, termasuk UNICEF yang memfasilitasi pengiriman dan pendistribusian vaksin.

"Indonesia menunjukan bahwa kita siap berkontribusi untuk masalah kemanusiaan. Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung rakyat Afghanistan," katanya. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 25 Mei 2024 | 12:30 WIB PERATURAN PAJAK

Tarif PPh Pasal 22 Impor Ditentukan Berdasarkan Kepemilikan API

Sabtu, 25 Mei 2024 | 12:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pemotongan PPh 21 Lebih Bayar, Pemberi Kerja Wajib Kembalikan

Sabtu, 25 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Alur Pemotongan PPh Atas Hadiah Undian

Sabtu, 25 Mei 2024 | 10:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ada Kesalahan Bikin Bupot PPh Final Atas Hadiah Undian? Ini Solusinya

Sabtu, 25 Mei 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Pemerintah Harap Banyak Produsen Mobil Listrik Bangun Pabriknya di RI

Sabtu, 25 Mei 2024 | 08:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

DJBC: Permendag 8/2024 Pertegas Batasan Impor Barang Berupa Gawai

Sabtu, 25 Mei 2024 | 08:09 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Pemotongan PPh 21 Tak Dibuatkan Form 1721-A3, Tetap Diakui Hingga Mei