KEBIJAKAN PEMERINTAH

Indonesia Dapat Pinjaman Lagi, Rp2,16 Triliun untuk Dukung Startup

Dian Kurniati | Selasa, 13 Desember 2022 | 12:30 WIB
Indonesia Dapat Pinjaman Lagi, Rp2,16 Triliun untuk Dukung Startup

Kantor Pusat Asian Development Bank. (foto: adb.org)

JAKARTA, DDTCNews - Asian Development Bank (ADB) telah menyetujui pinjaman senilai US$138,52 juta atau sekitar Rp2,16 triliun untuk Indonesia. Angka pinjaman sebesar itu akan dipakai untuk mendukung strategi pemerintah dalam komersialisasi riset dan inovasi.

Senior Spesialis Sektor Sosial ADB untuk Asia Tenggara Fook Yen Chong mengatakan pinjaman tersebut juga akan digunakan untuk meningkatkan keberhasilan start up di 4 kawasan sains dan teknologi (STP/science and technology park) di Indonesia. Menurutnya, pengembangan kawasan sains dan teknologi diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Terbatasnya penguasaan teknologi pada industri dan kurangnya kapasitas penyerapan teknologi baru dapat mengurangi produktivitas dan menghambat pertumbuhan ekonomi," katanya, dikutip pada Selasa (13/12/2022).

Baca Juga:
ADB Proyeksikan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5 Persen pada 2024-2025

Fook Yen Chong mengatakan proyek penguatan riset dan inovasi melalui kawasan sains dan teknologi yang modern dan efisien akan mendukung STP di sejumlah pendidikan tinggi negeri. Perguruan tinggi yang disasar yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), IPB University, dan Universitas Indonesia (UI).

Dia menjelaskan proyek ini akan mendukung peningkatan fasilitas riset, inovasi, dan inkubasi startup; memberi hibah untuk pelaksanaan penelitian terapan dan inkubasi start up; serta meningkatkan keahlian peneliti STP dan kemampuan staf pengelola riset dan inovasi.

Proyek ini akan membantu penguatan STP pada berbagai bidang teknologi yang sesuai dengan kebutuhan sektor ekonomi prioritas Indonesia seperti energi hijau, transportasi ramah lingkungan, teknologi informasi dan komunikasi, pengolahan produk pertanian dan pangan, serta teknologi kesehatan, farmasi dan obat-obatan. Proyek ini juga akan memperkuat kemitraan pemerintah-swasta, serta meningkatkan daya saing angkatan kerja seiring pengembangan dan adopsi teknologi baru.

Baca Juga:
DJP Terus Gali Potensi Pajak Fintech atas Bunga Pinjaman P2P Lending

Dalam mendesain proyek ini, ADB telah memasukkan praktik terbaik internasional. Proyek ini akan mendukung inovasi berbasis permintaan pasar dan menumbuh-kembangkan ekosistem usaha start up yang berkelanjutan.

Proyek ini juga dinilai akan membangun sinergi dengan beberapa proyek ADB di Indonesia. Pasalnya, ADB membawa pengalaman dan pengetahuan luas dalam pengembangan sumber daya manusia, riset, serta inovasi dari Indonesia dan berbagai penjuru kawasan untuk memberi nilai tambah bagi proyek ini.

Melalui proyek tersebut, Fook Yen Chong menyebut berbagai industri di Indonesia yang bekerja sama dengan STP di universitas akan memperoleh pengetahuan yang diperlukan untuk menggunakan sumber daya dengan lebih baik, menciptakan produk baru, dan masuk ke pasar-pasar baru.

"Kami memperkirakan adopsi teknologi baru di Indonesia dapat menambah 0,55 poin persentase ke pertumbuhan produk domestik bruto tahunan selama 20 tahun ke depan sehingga dapat mendorong perekonomian Indonesia masuk ke kelompok negara berpenghasilan tinggi," ujarnya. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 12 April 2024 | 14:00 WIB LAPORAN ASIAN DEVELOPMENT BANK

ADB Proyeksikan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5 Persen pada 2024-2025

Rabu, 10 April 2024 | 11:30 WIB DIGITALISASI EKONOMI

DJP Terus Gali Potensi Pajak Fintech atas Bunga Pinjaman P2P Lending

Minggu, 07 April 2024 | 10:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Ditjen Pajak Kumpulkan Rp 1,82 Triliun dari Pinjol dan Fintech

Jumat, 05 April 2024 | 11:17 WIB KINERJA MONETER

Imbas Pembayaran Utang, Cadangan Devisa Turun Jadi US$ 140,4 Miliar

BERITA PILIHAN
Sabtu, 20 April 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN FISKAL

Jaga Kesinambungan Fiskal 2025, Pemerintah Waspadai Tiga Hal Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 09:00 WIB KABUPATEN SUKABUMI

Ada Hadiah Umrah untuk WP Patuh, Jenis Pajaknya akan Diperluas

Sabtu, 20 April 2024 | 08:47 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

SPT yang Berstatus Rugi Bisa Berujung Pemeriksaan oleh Kantor Pajak

Sabtu, 20 April 2024 | 08:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Dorong Pertumbuhan Ekonomi 2025, Insentif Ini Disiapkan untuk Investor

Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Jumat, 19 April 2024 | 17:45 WIB KEANGGOTAAN FATF

PPATK: Masuknya Indonesia di FATF Perlu Diikuti Perbaikan Kelembagaan

Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online