AMERIKA SERIKAT

Digedor Skandal Pajak, Ini Jawaban Presiden Trump

Nora Galuh Candra Asmarani | Rabu, 30 September 2020 | 09:13 WIB
Digedor Skandal Pajak, Ini Jawaban Presiden Trump

Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: Kevin Lamarque, Reuters/france24.com)

WASHINGTON, DDTCNews -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Senin (28/9/2020) mengatakan jika dia telah membayar ‘pajak jutaan dolar’. Namun, dia menyebut berhak atas depresiasi dan kredit pajak serta memiliki lebih banyak aset daripada utang.

Pernyataan itu disampaikan Trump melalui serangkaian cuitan di Twitter sebagai tanggapan atas laporan New York Times yang menyebutnya hanya membayar pajak penghasilan federal US$750 atau setara dengan Rp11,1 juta pada 2016 dan 2017, setelah melaporkan kerugian besar bisnisnya.

“Saya membayar pajak jutaan dolar, tetapi sama halnya seperti semua orang , saya juga berhak atas depresiasi & kredit pajak. Saya sangat under leveraged, saya memiliki utang yang sangat sedikit dibandingkan dengan nilai aset,” tulis Trump pada akun Twitternya, Senin (28/9/2020)

Baca Juga:
Bocorkan Data SPT Trump, Mantan Pegawai Pajak Divonis Penjara 5 Tahun

Trump menyebut tuduhan yang dilayangkan padanya itu ‘benar-benar berita palsu’ dan mengatakan jika dia membayar pajak penghasilan dalam jumlah yang besar. Trump juga menambahkan jika semuanya akan ‘terungkap’.

"Pertama-tama, saya membayar banyak dan saya juga membayar banyak pajak pendapatan negara. Semuanya nanti akan terungkap," ungkap Trump.

Adapun dalam laporannya, New York Times menyebut Trump selalu mengalami kerugian bisnis yang lebih besar ketimbang pendapatan yang diperolehnya. Presiden AS ini juga mengurangi besaran pajaknya melalui pengembalian pajak senilai US$72,9 juta.

Baca Juga:
Bayar Pajak Minim, Trump Klaim Karena Insentif

Lapangan golf Trump juga menunjukkan kerugian serius. Di sisi lain, kondisi keuangan Trump menunjukkan adanya utang bernilai ratusan juta dolar AS yang akan segera jatuh tempo. Utang-utang tersebut dijamin sendiri oleh Trump.

Laporan itu juga menyebutkan Trump menikmati gaya hidup mewah seperti tempat tinggal, pesawat, hingga penataan rambut seharga US$70.000 untuk tampil di televisi.

Merespons hal ini, Ketua DPR Nancy Pelosi dari Partai Demokrat menggambarkan temuan tersebut sebagai ‘penghinaan Trump terhadap keluarga pekerja Amerika’.

Baca Juga:
DPR Ungkap SPT Tahunan Milik Trump, Ternyata Pajak yang Dibayar Segini

Anggota Kongres dari Massachusetts Richard Neal mengatakan saat ini lebih penting bagi komite untuk mengakses dokumen laporan pajak Trump. Adapun Neal juga merupakan Ketua House Ways and Means Committee yang sebelumnya tidak berhasil mengetahui laporan pajak Trump

"Tampaknya presiden memanfaatkan ketentuan pajak untuk keuntungannya dan menggunakan upaya hukum untuk menunda atau menghindari pembayaran utangnya," katanya, seperti dilansir wionews.com. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 31 Januari 2024 | 13:30 WIB AMERIKA SERIKAT

Bocorkan Data SPT Trump, Mantan Pegawai Pajak Divonis Penjara 5 Tahun

Minggu, 01 Januari 2023 | 14:00 WIB AMERIKA SERIKAT

Bayar Pajak Minim, Trump Klaim Karena Insentif

Minggu, 25 Desember 2022 | 10:00 WIB AMERIKA SERIKAT

DPR Ungkap SPT Tahunan Milik Trump, Ternyata Pajak yang Dibayar Segini

Jumat, 09 Desember 2022 | 17:15 WIB AMERIKA SERIKAT

Waduh! Perusahaan Milik Trump Terbukti Bersalah karena Kasus Pajak

BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perlakuan PPh atas Imbalan Sehubungan Pencapaian Syarat Tertentu

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:30 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Disusun, Pedoman Soal Jasa Akuntan Publik dan KAP dalam Audit Koperasi

Jumat, 29 Maret 2024 | 10:00 WIB RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa Koreksi DPP PPN atas Jasa Pengangkutan Pupuk

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Batas Waktu Mepet, Kenapa Sih Kita Perlu Lapor Pajak via SPT Tahunan?

Jumat, 29 Maret 2024 | 08:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Cetak Kartu NPWP Tak Perlu ke Kantor Pajak, Begini Caranya