SELEBRITAS

Cerita Raffi Ahmad: e-CD Bikin Deklarasi Barang Bawaan Makin Mudah

Dian Kurniati | Senin, 13 November 2023 | 10:15 WIB
Cerita Raffi Ahmad: e-CD Bikin Deklarasi Barang Bawaan Makin Mudah

Raffi Ahmad saat tiba dari Amerika Serikat.

JAKARTA, DDTCNews - Selebritas Raffi Ahmad menilai inovasi electronic customs declaration (e-CD) telah mempermudah proses deklarasi barang bawaan dari luar negeri.

Raffi mengatakan e-CD dapat diisi sejak masih berada di luar negeri. Dengan kemudahan ini, proses pemeriksaan di bandara kedatangan dapat lebih cepat.

"Ini bagus banget. Jadi mempercepat dan mempermudah," katanya dalam video yang diunggah akun Instagram @bcsoetta, dikutip pada Senin (13/11/2023).

Baca Juga:
Pembelian BKC di Toko Bebas Bea Dalam Kota Harus Pakai Kartu Kendali

Raffi mengatakan menggunakan layanan e-CD usai mengunjungi Amerika Serikat untuk mengikuti New York City Marathon 2023. Sejak di New York, ia dan istrinya telah mengisi e-CD untuk mendeklarasikan semua barang bawaan.

PMK 203/2017 mengatur penumpang yang tiba di Indonesia melalui bandara internasional wajib menyampaikan barang bawaannya. Awalnya, customs declaration disampaikan melalui tulisan pada formulir yang dibagikan di dalam pesawat sesaat sebelum mendarat di Indonesia.

Kini, layanan e-CD akan memudahkan penumpang menyampaikan barang bawaannya secara online. Penumpang pun dapat sekalian mendeklarasikan barang bawaan berupa telepon seluler, komputer genggam, dan tablet yang dibawa dari luar negeri.

Baca Juga:
Batas Barang Kiriman Dihapus, PMI Harus Jadi Subjek Penerima Fasilitas

Penggunaan e-CD memiliki beragam kelebihan dibandingkan dengan pengisian formulir secara manual. Misalnya, lebih praktis, cepat, dan fleksibel karena dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui gawai bahkan sejak H-2 kedatangan.

Dalam video tersebut, raffi juga sempat menyinggung inovasi Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta mengenai percepatan layanan bagasi penumpang. Dengan inovasi ini, lanjutnya, penumpang dari luar negeri bisa lebih cepat mengurus bagasi.

"Dulu itu kita kalau turun nungguin bagasi, sekarang bagasi yang menunggu kita. Lebih sat-set," ujarnya. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN