KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Setelah Lebaran, Petugas Bakal Datangi Langsung Penunggak Pajak

Dian Kurniati
Senin, 26 April 2021 | 10.10 WIB
Setelah Lebaran, Petugas Bakal Datangi Langsung Penunggak Pajak

Ilustrasi. 

JAKARTA, DDTCNews – Petugas Samsat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan akan mulai mendatangi rumah penunggak pajak kendaraan bermotor setelah Lebaran pada bulan depan.

Kepala UPTB Samsat OKU Humaniora Basili Basmark mengatakan petugas akan menagih tunggakan pajak kendaraan tersebut secara langsung. Dia berharap strategi itu bisa mendorong masyarakat membayar tunggakan pajak.

"Dalam program door to door ini, kami akan menerjunkan tim ke lapangan untuk berkunjung ke rumah-rumah warga yang menunggak pajak agar memenuhi kewajibannya," katanya, dikutip pada Senin (26/4/2021).

Humaniora mengatakan Samsat OKU sempat mempraktikkan strategi jemput bola penagihan pajak kendaraan bermotor beberapa waktu lalu. Strategi ini efektif menekan angka tunggakan pajak. Jika banyak pemilik yang membayar tunggakan pajak, sambungnya, pendapatan daerah juga akan ikut meningkat.

Menurutnya, pemerintah daerah telah memberikan kesempatan masyarakat menyelesaikan tunggakan pajak kendaraan bermotor melalui program pemutihan. Setelah program itu berakhir, petugas Samsat akan menggencarkan penagihan kepada masyarakat yang masih memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor.

Pemerintah Provinsi Sumsel mengadakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor sepanjang 1 Agustus hingga 23 Desember 2020. Pemprov memberikan insentif pajak tersebut untuk meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Program pemutihan itu meliputi pembebasan sanksi administrasi dan keringanan pokok pajak kendaraan bermotor yang menunggak lebih dari 1 tahun serta penghapusan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

Seperti dilansir idcorner.co.id, pemprov juga memberikan layanan mobil Samsat keliling yang rutin berkeliling agar mudah diakses masyarakat di perkampungan. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.