AMERIKA SERIKAT

Ini Alasan Biden Pertahankan Rencana Menaikkan Pajak atas Orang Kaya

Muhamad Wildan | Selasa, 04 Mei 2021 | 18:30 WIB
Ini Alasan Biden Pertahankan Rencana Menaikkan Pajak atas Orang Kaya

Presiden AS Joe Biden mengangkat tangan di sebuah ruang kelas saat mengunjungi Sekolah Dasar Yorktown di Yorktown, Virginia, Amerika Serikat, Senin (3/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/AWW/djo

WASHINGTON D.C., DDTCNews - Presiden AS Joe Biden bersikukuh mempertahankan rencana kebijakan perpajakannya dalam American Families Plan sebagai upaya menekan ketimpangan dan meningkatkan daya saing ekonomi AS.

Biden berencana meningkatkan pajak yang dikenakan atas orang kaya dengan penghasilan di atas US$400.000 per tahun. Di sisi lain, mereka yang berpenghasilan menengah dan rendah akan mendapatkan fasilitas pendidikan gratis hingga kredit pajak.

"Mana yang lebih penting, melindungi kepentingan segelintir orang kaya atau memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anak sejak usia dini serta meringankan beban keluarga kelas menengah?" tanya Biden dalam pidatonya, dikutip Selasa (4/5/2021).

Baca Juga:
Otoritas Ini Mulai Pertimbangkan Kembali Program Diskon Cukai Solar

Melalui kebijakan pajak yang diusung pemerintah, lanjut Biden, kebutuhan dana untuk membiayai program-program yang tertuang dalam American Families Plan senilai US$1,8 triliun tersebut tidak akan membebani defisit anggaran.

Biden juga menyuarakan kritiknya atas trickle-down economics yang hingga saat ini terbukti tidak memiliki dampak terhadap masyarakat kelas menengah dan kelas bawah.

"Sudah terlalu lama kita memberikan relaksasi kepada mereka yang sesungguhnya tak membutuhkan relaksasi tersebut. Sekarang waktunya kita menumbuhkan perekonomian dari bawah," ujar Biden seperti dilansir thehill.com.

Baca Juga:
Antisipasi Overtourism, Negara Ini Diminta Terapkan Pajak Turis

Saat ini, sambung Biden, menjadi kesempatan bagi AS untuk menginvestasikan dana yang untuk menciptakan SDM yang unggul melalui pendidikan. Dengan demikian, ekonomi AS dapat bersaing dengan perekonomian negara lain.

Melalui American Families Plan, Biden berencana untuk menggratiskan pendidikan prasekolah untuk seluruh anak usia 3 dan 4 tahun, termasuk bagi mahasiswa dari keluarga berpenghasilan menengah atau rendah yang menempuh pendidikan di community college. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 27 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PERPAJAKAN

Penindakan Kepabeanan dan Cukai dari Tahun ke Tahun

Sabtu, 27 April 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Catat! WP Ini Tak Kena Sanksi Denda Meski Telat Lapor SPT Tahunan

Sabtu, 27 April 2024 | 10:03 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Wajib Pajak Siap-Siap Ditunjuk DJP, Ikut Uji Coba Coretax System

Sabtu, 27 April 2024 | 10:00 WIB PENDAPATAN DAERAH

Mendagri Minta Pemda Ambil Terobosan Demi Tingkatkan PAD

Sabtu, 27 April 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

RKP 2025 Disusun Meski RPJPN Belum Diundangkan, Ini Alasan Bappenas

Sabtu, 27 April 2024 | 09:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Meski Lewat Tenggat Waktu, DJP Minta WP OP Tetap Lapor SPT Tahunan

Sabtu, 27 April 2024 | 07:30 WIB PERTUMBUHAN EKONOMI

Sri Mulyani Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 5,17% di Kuartal I/2024

Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global