MEKSIKO

Gara-Gara Kebijakan Pajak Ini, 16 Asosiasi Kirim Surat ke Pemerintah

Muhamad Wildan | Minggu, 01 November 2020 | 13:00 WIB
Gara-Gara Kebijakan Pajak Ini, 16 Asosiasi Kirim Surat ke Pemerintah

Ilustrasi. (DDTCNews)

MEXICO CITY, DDTCNews – Sebanyak 16 asosiasi perusahaan digital yang berasal dari Meksiko, AS, dan Kanada meminta Pemerintah Meksiko untuk membatalkan klausul sanksi pemutusan koneksi bagi perusahaan digital nonresiden yang belum memenuhi ketentuan perpajakan.

Dalam surat yang dikirimkan oleh 16 asosiasi tersebut, sanksi pemutusan koneksi dinilai bertentangan dengan hukum yang berlaku di Meksiko dan berpotensi berdampak negatif terhadap perekonomian domestik.

"Klausul ini bakal menimbulkan biaya pajak yang tidak perlu. Kami meminta pemerintah untuk mencari langkah lain yang tidak berdampak negatif terhadap ekonomi domestik," tulis 16 asosiasi dalam suratnya, dikutip Minggu (01/11/2020).

Baca Juga:
Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Asosiasi perusahaan digital berargumen ketentuan sanski pemutusan koneksi bertentangan dengan Pasal 145 dari Federal Telecommunications and Broadcasting Law yang berlaku di Meksiko. Sanksi itu juga bertentangan dengan Pasal 6 Konstitusi Meksiko yang menjamin aksesibilitas informasi.

Dalam urusan perpajakan, ketentuan tersebut juga akan menciptakan biaya kepatuhan yang berlebih, terutama bagi perusahaan digital nonresiden yang menyediakan layanan digital di Meksiko secara gratis.

Selain itu, pemutusan koneksi juga akan berdampak negatif terhadap geliat ekonomi mengingat tidak sedikit usaha kecil dan menengah yang memanfaatkan platform digital dalam menjual produknya kepada konsumen.

Baca Juga:
Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

"Pemblokiran layanan digital tersebut akan membuat usaha kecil dan menengah Meksiko makin sulit bersaing dan akan menekan iklim ekonomi digital Meksiko ke depan," tulis asosiasi perusahaan digital dalam suratnya.

Menurut asosiasi, Meksiko sebaiknya melakukan penyederhanaan atas proses registrasi perpajakan di Meksiko guna memudahkan perusahaan digital, terutama soal administrasi PPN. Menurut asosiasi, pemerintah ada baiknya mengadopsi best practice internasional.

Untuk diketahui, asosiasi-asosiasi yang mengirimkan surat tersebut antara lain asosiasi perdagangan seperti US Chamber of Commerce, American Chamber of Commerce of Mexico, Canadian Chamber of Commerce.

Ada lagi, International Chamber of Commerce Mexico, hingga asosiasi perusahaan digital seperti The App Association (ACT), Asociación de Internet MX, Asociación Latinoamérica de Internet (ALAI), hingga Information Technology Industry Council (ITI). (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara