ADMINISTRASI PAJAK

Jadi Afiliator Marketplace, Harus Setor dan Lapor PPh 21 Sendiri?

Redaksi DDTCNews
Rabu, 31 Juli 2024 | 18.00 WIB
Jadi Afiliator Marketplace, Harus Setor dan Lapor PPh 21 Sendiri?

Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu marketplace di Depok, Jawa Barat, Senin (13/12/2021). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.

ENREKANG, DDTCNews - Profesi sebagai afiliator di marketplace makin banyak digandrungi masyarakat. Apalagi, profesi ini menawarkan sistem kerja yang fleksibel. 

Namun, publik perlu tahu ketentuan perpajakan yang perlu dijalankan oleh afiliator. Secara umum, platform marketplace yang akan memotong pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 atas komisi yang diterima oleh afiliator. Namun, ada kalanya afiliator yang perlu menyetorkan dan melaporkan sendiri PPh Pasal 21 terutangnya. 

"Komisi yang didapatkan dari hasil afiliasi di platform marketplace itu nanti akan dipungut PPh 21. Nanti dipotong dari platform marketplace yang bersangkutan, tetapi ada kemungkinan, platform yang mewajibkan afiliator untuk menyetorkan dan melaporkan sendiri PPh 21 yang terutang dari komisi yang didapatkannya," jelas petugas TPT KP2KP Enrekang I Kadek Dwi Aditya dilansir pajak.go.id, dikutip pada Rabu (31/7/2024). 

Perlu dicatat, penghasilan yang didapatkan dari kegiatan afiliasi lokapasar (marketplace) dikenakan PPh Pasal 21. Adapun tarif yang dikenakan adalah tarif progresif sesuai dengan UU PPh.

Bicara soal influencer, sesuai dengan PMK 168/2023, pekerjanya termasuk sebagai bukan pegawai. Artinya, mekanisme pemotongan PPh Pasal 21 atas penghasilan yang diterima oleh influencer dapat mengacu pada Pasal 12 ayat (3) PMK 168/2023

Sesuai pasal tersebut, dasar pengenaan dan pemotongan PPh Pasal 21 untuk bukan pegawai yaitu sebesar 50% dari jumlah penghasilan bruto. 

Jumlah penghasilan bruto yang dimaksud beleid tersebut dapat berupa honorarium, komisi, fee, dan imbalan sejenis sebagaimana diatur dalam Pasal 5 ayat (1) huruf e PMK 168/2023.

Adapun PPh Pasal 21 yang digunakan untuk memotong penghasilan bukan pegawai dihitung menggunakan tarif Pasal 17 ayat (1) huruf a UU PPh s.t.d.t.d UU 6/2023. Untuk memudahkan, rumus penghitungan PPh Pasal 21 bagi bukan pegawai adalah Tarif Pasal 17 x (50% x Penghasilan Bruto).

Selain itu, perlu dicatat juga bahwa salah satu syarat ketika mendaftar sebagai marketplace affiliate adalah memiliki NPWP. Karenanya, DJP mengimbau afiliator untuk melakukan pemadanan NPWP sebagai NIK yang bisa dilakukan melalui DJP Online. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.