KPP BADAN DAN ORANG ASING

Gandeng Bank, Kantor Pajak Perbaiki Probis PPN PMSE dan VAT Refund

Redaksi DDTCNews
Selasa, 23 September 2025 | 13.00 WIB
Gandeng Bank, Kantor Pajak Perbaiki Probis PPN PMSE dan VAT Refund
<p>Suasana pertemuan Kepala KPP Badora Natalius beserta jajaran dengan Vice President Bank Mandiri Nugrahani Estuning Sari, Vice President Bank Mandiri Catra Wardana, Vice President Bank Mandiri Yudha Airlangga, dan Assistant Vice President Putri Mayangsari R.U. di Kantor Pusat Bank Mandiri, Selasa (16/9/2025).&nbsp;</p>

JAKARTA, DDTCNews - Kantor Pelayanan Pajak Badan dan Orang (KPP Badora) mengunjungi Kantor Pusat Bank Mandiri untuk membahas langkah-langkah perbaikan proses bisnis di bidang pajak.

Kepala KPP Badora Natalius mengatakan proses bisnis yang hendak diperbaiki antara lain mengenai pembayaran pajak pertambahan nilai perdagangan melalui sistem elektronik (PPN PMSE) serta restitusi PPN (VAT refund) untuk wisatawan asing.

"Sekaligus memperkuat ekosistem pajak digital yang sedang DJP bangun," katanya, dikutip pada Selasa (23/9/2025).

Natalius mengatakan PPN PMSE menjadi penopang utama pencapaian target penerimaan pajak KPP Badora, yakni sekitar 60%—70%. Hingga 31 Juli 2025, KPP Badora telah mencatat penerimaan PPN PMSE senilai Rp5,72 triliun, dan bakal terus bertambah hingga akhir tahun.

Sebagian besar pembayaran PPN PMSE dari pemungut di luar negeri dilakukan melalui Bank Mandiri. Oleh karena itu, KPP Badora mengunjungi Bank Mandiri untuk memastikan kelancaran sekaligus mengevaluasi kendala yang terjadi selama proses pembayaran.

Di sisi lain, dia menyampaikan sejak 1 Januari 2025, KPP Badora menjalankan proses bisnis baru, yaitu penyelesaian VAT refund bagi wisatawan yang akan meninggalkan Indonesia. Sebelumnya, kewenangan tersebut dilaksanakan oleh KPP Pratama Tangerang Barat.

Permintaan pengembalian di atas Rp5 juta diproses melalui transfer ke rekening turis. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat kendala berupa retur dari bank korespondensi di luar negeri.

"Untuk itu, kedatangan kami ke sini juga bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya retur," ujarnya.

Sementara itu, Vice President Nugrahani Estuning Sari menyambut baik kedatangan dan rencana tim KPP Badora. Menurutnya, setiap kendala-kendala yang terjadi dalam pembayaran PPN PMSE dan proses VAT refund telah menjadi perhatian Bank Mandiri dan terus menciptakan prosedur yang lebih mudah supaya penerimaan pajak bisa segera masuk ke kas negara dan turis asing mendapatkan haknya dengan cepat.

'Kami akan terus men-support DJP dalam hal ini KPP Badora dalam memperkuat ekosistem pajak digital. Kami akan merencanakan kunjungan balasan ke KPP Badora untuk mendetailkan rencana aksinya," katanya. (dik)

Editor : Dian Kurniati
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Ingin selalu terdepan dengan kabar perpajakan terkini?Ikuti DDTCNews WhatsApp Channel & dapatkan berita pilihan di genggaman Anda.
Ikuti sekarang
News Whatsapp Channel
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.