KAMUS PAJAK PENGHASILAN

Apa Itu Ability to Pay?

Nora Galuh Candra Asmarani | Senin, 31 Mei 2021 | 18:44 WIB
Apa Itu Ability to Pay?

SEBAGAI suatu instrumen yang tidak hanya berperan untuk menghimpun penerimaan, pajak juga digagas untuk mengatasi persoalan redistribusi pendapatan. Selain Itu, keadilan juga merupakan salah satu prinsip yang harus dipenuhi untuk memungut pajak dari masyarakat.

Kebutuhan untuk menciptakan pajak yang bersifat redistributif dan adil mendorong desain kebijakan pajak yang mampu mendistribusikan beban pajak (tax burden) secara adil berdasarkan kemampuan membayar (ability to pay). Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan ability to pay?

Definisi
Ability to pay merupakan salah satu prinsip pemungutan pajak. Prinsip ini menyatakan pajak harus dipungut secara adil dengan memastikan beban yang ditanggung harus mencerminkan kemampuan ekonomi wajib pajak untuk menanggung beban tersebut dibandingkan dengan wajib pajak lain.

Baca Juga:
Apa Itu Opsen BBNKB?

Prinsip ability to pay antara lain digunakan sebagai landasan argumen penerapan tarif pajak progresif, pengenaan pajak modal serta atas berbagai tunjangan seperti pensiun dan disabilitas (IBFD International tax Glossary, 2015).

Prinsip ability to pay juga menekankan agar pembebanan pajak kepada para wajib pajak didasarkan kepada kemampuan masing-masing (Musgrave et al, 1991).

Berdasarkan prinsip ini, pajak penghasilan (PPh) harus dikenakan terhadap pihak yang memiliki kemampuan untuk membayar selaras dengan horizontal dan vertical equity (Fleming et al, 2001).

Baca Juga:
Asal Mula Kata Pajak, dari Pajeg pada Era Kerajaan Mataram Islam

Suatu pemajakan dapat dikatakan adil secara horizontal apabila jumlah beban pajak yang ditanggung sama besar untuk setiap wajib pajak yang memiliki besar penghasilan dan tanggungan yang sama, terlepas dari jenis penghasilan yang diperoleh (equal treatments for the equals).

Sementara itu, suatu pemajakan dapat dikatakan adil secara vertikal apabila setiap wajib pajak dengan kemampuan membayar yang berbeda menanggung beban pemajakan yang berbeda, yang setara dengan perbedaannya (unequal treatment for the unequals) (H.Zee, 2005).

Menurut Mansury (1992) prinsip ability to pay akan mendistribusikan beban pajak sesuai dengan kemampuan wajib pajak untuk berkontribusi dalam pembiayaan pemerintah.

Baca Juga:
Apa Itu Pajak Bujangan?

Tolok ukur untuk mengukur kemampuan seseorang untuk membayar mungkin berupa pendapatan bersih, properti atau kekayaan, pengeluaran, atau kombinasi dari dua atau ketiga indeks tersebut.

Secara ringkas, prinsip ability to pay menganjurkan pemerintah dalam memungut pajak harus memperhatikan kemampuan penduduk membayar pajak. Apabila diperhatikan, prinsip ini berasal dari asas pemungutan pajak Adam Smith yang pertama (Nurmantu et al, 2014).

Adam Smith sendiri mengemukakan 4 asas pemungutan pajak yang disebut The Four Maxims. Prinsip pertama adalah equality yang berarti pemungutan pajak harus sesuai dengan kemampuan dan penghasilan wajib pajak.

Baca Juga:
Tata Cara Penilaian untuk Tujuan Pajak Diatur di PMK, Ini Kata DJP

Simpulan
INTINYA ability to pay merupakan prinsip pemungutan pajak yang menegaskan bahwa pajak harus dipungut berdasarkan kemampuan individu untuk membayar.

Prinsip ability to pay ini digunakan sebagai landasan argumen penerapan tarif pajak progresif, pengenaan pajak modal serta atas berbagai tunjangan seperti pensiun dan disabilitas. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

01 Juni 2021 | 04:56 WIB

terimakasih DDTC ilmunya

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 24 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Perhotelan di UU HKPD?

Senin, 22 April 2024 | 15:30 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Tenaga Listrik?

Jumat, 19 April 2024 | 18:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT atas Makanan dan Minuman?

Kamis, 11 April 2024 | 11:30 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Update 2024, Apa Itu BPHTB?

BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 07:00 WIB LITERATUR PAJAK

Hal Unik Ini Hanya Ada di Perpajakan DDTC, Sudah Coba?

Jumat, 26 April 2024 | 06:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Diskon Pajak Pasal 31E UU PPh Bisa Digunakan Tanpa Ajukan Permohonan

Kamis, 25 April 2024 | 19:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Pegawai Diimbau Cek Kebenaran Pemotongan PPh 21 oleh Pemberi Kerja

Kamis, 25 April 2024 | 18:54 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Level SAK yang Dipakai Koperasi Simpan Pinjam Tidak Boleh Turun

Kamis, 25 April 2024 | 18:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Ajukan e-SKTD untuk Perusahaan Pelayaran Niaga Nasional

Kamis, 25 April 2024 | 18:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Tagihan Listrik dan Air dalam Sewa Ruangan Kena PPN, Begini Aturannya

Kamis, 25 April 2024 | 17:45 WIB DITJEN PERIMBANGAN KEUANGAN

Imbauan DJPK Soal Transfer ke Daerah pada Gubernur, Sekda, hingga OPD

Kamis, 25 April 2024 | 17:30 WIB KEBIJAKAN ENERGI

Pemerintah Siapkan Tarif Royalti 0% untuk Proyek Hilirisasi Batu Bara

Kamis, 25 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

WP Tak Lagi Temukan Menu Sertel di e-Nofa, Perpanjangan Harus di KPP