BERITA PAJAK HARI INI

WP Badan Besar Jadi Target Sosialisasi TP Doc

Redaksi DDTCNews | Kamis, 16 Februari 2017 | 09:55 WIB
WP Badan Besar Jadi Target Sosialisasi TP Doc Ilustrasi. (Foto: Integragen)

JAKARTA, DDTCNews – Pagi ini, Kamis (16/2) sejumlah media nasional masih ramai memberitakan kabar mengenai aturan perpajakan yang mewajibkan wajib pajak (WP) badan terafiliasi untuk melaporkan dokumen transfer pricing (TP Doc).

Ditjen Pajak gencar melakukan sosialisasi atas aturan baru tersebut. Pekan lalu, Ditjen Pajak telah memanggil 400 WP badan terafiliasi untuk berdiskusi mengenai kewajiban penyerahan dokumen tersebut. Sosialisasi ini gencar dilakukan lantaran pelaporan dokumen paling lambat diserahkan pada 30 April 2017 pada saat menyerahkan SPT Tahun Pajak 2016.

Kepala Sub Direktorat Pencegahan dan Penanganan Sengketa Perpajakan Internasional Achmad Amin mengatakan sebanyak 400 WP badan yang dipanggil berasal dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) WP besar II Jakarta. KPP tersebut paling banyak memiliki transaksi afiliasi.

Baca Juga:
Terkait Transfer Pricing, Pemeriksaan Kantor Bisa Diubah ke Lapangan

Kabar lainnya datang dari Ditjen Pajak yang memberikan kelonggaran bagi perusahaan yang melakukan transaksi terafiliasi untuk menyiapkan dokumen transfer pricing sesuai dengan aturan yang baru. Berikut ulasan ringkas beritanya:

  • Penyiapan TP Doc Diperlonggar

Ditjen Pajak memberi kelonggaran penyiapan dokumen transfer pricing kepada perusahaan yang melakukan transaksi terafiliasi. Kelonggaran tersebut diberikan karena beleid tersebut baru dikeluarkan akhir tahun lalu. Untuk mencegah terjadinya kegaduhan, Otoritas Pajak telah mengeluarkan instruksi ke sejumlah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang berisi agar pemeriksa pajak memberi jangka waktu antara pelaporan dan pemeriksaan dokumen milik WP yang belum lengkap TP Doc-nya.

  • OJK Dukung Ditjen Pajak Buka Data Nasabah Bank

Upaya Ditjen Pajak membuka data rekening nasabah perbankan mendapat dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad mengatakan upaya tersebut merupakan titik awal upaya keterbukaan informasi perbankan yang dijalankan mulai tahun depan. Muliaman menuturkan, era keterbukaan informasi tersebut menuntut pelaku industri keuangan untuk mempersiapkan diri.

Baca Juga:
Diskon Pajak Pasal 31E UU PPh Bisa Digunakan Tanpa Ajukan Permohonan
  • Akses Data Perbankan Lebih Cepat, Bisnis Bank Tak Perlu Khawatir

Para bankir tak khawatir kendati Ditjen Pajak bisa lebih cepat mengakses data WP di bank. Bisnis perbankan diperkirakan tak bakal terimbas negatif dari aksi Ditjen Pajak. Direktur Keuangan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Iman Nugroho Soeko mengatakan mulai 2017 hampir di seluruh belahan dunia akan berlaku Automatic Exchange of Information (AEOI), di mana wajib pajak tidak akan bisa lagi menyembunyikan aset atau simpanan di bank di negara mana pun.

  • Bantuan Sosial bagi Rakyat Miskin Semakin Dipermudah

Sebanyak 3 juta masyarakat miskin penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) nontunai bisa menarik uang bantuan sosial yang diterimanya melalui seluruh ATM milik bank pelat merah tahun ini. Hal ini terjadi seiring dengan adanya interkoneksi ATM Himbara yaitu BTN, BRI, BNI, dan Bank Mandiri. Adanya interkoneksi ATM Himbara ini dinilai akan mempermudah penerima bantuan sosial untuk mencairkan uangnya.

  • Kenaikan Harga Pangan Sulit Dikendalikan

Anomali cuaca yang terjadi hingga bulan kedua tahun 2017 menyebabkan harga pangan kian tak terkendali. Sejumlah harga pangan strategis mengalami fluktuasi yang sulit ditebak dan rata-rata bertahan tinggi. Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan pada pekan kedua bulan Februari, harga sejumlah komoditi pangan sulit diprediksi. Hal ini terjadi karena musim hujan yang berkepanjangan dan tidak adanya langkah konkret dari Kementerian Perdagangan (Kemdag) dan Kementerian Pertanian (Kemtan) untuk membantu memulihkan harga pangan.

  • Kadin DKI Minta Gubernur Terpilih Prioritaskan UMKM

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Eddy Kuntadi berharap hasil Pilkada DKI 2017 semakin baik bagi dunia usaha. Menurutnya, siapa pun yang terpilih harus bisa mengimplementasikan janji-janji selama kampanye kemarin. Eddy menambahkan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, harus bisa memprioritaskan peningkatan dunia usaha, khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). (Amu)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 26 April 2024 | 09:50 WIB PEMERIKSAAN PAJAK

Terkait Transfer Pricing, Pemeriksaan Kantor Bisa Diubah ke Lapangan

Jumat, 26 April 2024 | 06:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Diskon Pajak Pasal 31E UU PPh Bisa Digunakan Tanpa Ajukan Permohonan

Kamis, 25 April 2024 | 13:00 WIB KEANGGOTAAN OECD

OECD Rilis Roadmap Aksesi, Ada 8 Prinsip Pajak yang Perlu Diadopsi RI

Kamis, 25 April 2024 | 08:45 WIB BERITA PAJAK HARI INI

WP Grup Bakal Digabung dalam 1 KPP, Ini Kata Dirjen Pajak

BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 13:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Tinggal 4 Hari, DJP: WP Badan Jangan Sampai Telat Lapor SPT Tahunan

Jumat, 26 April 2024 | 13:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Perpanjangan SPT Tahunan, DJP: Tak Dibatasi Alasan Tertentu

Jumat, 26 April 2024 | 12:00 WIB PROVINSI GORONTALO

Tarif Pajak Daerah Terbaru di Gorontalo, Simak Daftarnya

Jumat, 26 April 2024 | 11:47 WIB KONSULTASI PAJAK

Ada NITKU, NPWP Cabang Tidak Berlaku Lagi?

Jumat, 26 April 2024 | 11:30 WIB KP2KP MUKOMUKO

Petugas Pajak Ingatkan WP soal Kewajiban yang Sering Dilupakan PKP

Jumat, 26 April 2024 | 11:21 WIB KINERJA FISKAL

APBN Catatkan Surplus Rp 8,1 Triliun pada Kuartal I/2024

Jumat, 26 April 2024 | 11:13 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Status PKP Dicabut, Tak Bisa Lapor SPT Masa PPN Normal dan Pembetulan

Jumat, 26 April 2024 | 11:09 WIB PENERIMAAN PAJAK

Penerimaan Pajak Secara Neto Kontraksi 8,86 Persen di Kuartal I/2024

Jumat, 26 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS KEPABEANAN

Kriteria Barang Bawaan Impor yang Wajib Diperiksa via Jalur Merah

Jumat, 26 April 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengajuan Sertel ke KPP Hanya Bisa oleh Pengurus Badan, Siapa Saja?