INGGRIS

Tarik Pajak dari Pengalihan Laba, Negara Ini Raup Ratusan Triliun

Redaksi DDTCNews | Selasa, 24 November 2020 | 10:45 WIB
Tarik Pajak dari Pengalihan Laba, Negara Ini Raup Ratusan Triliun

Ilustrasi. (DDTCNews)

LONDON, DDTCNews – Otoritas pajak Inggris, Her Majesty's Revenue and Customs (HMRC) mencatatkan realisasi penerimaan dari pajak pengalihan laba atau diverted profits tax (DPT) sebesar £6 miliar atau setara dengan Rp113 triliun.

Realisasi penerimaan dari DPT tersebut dikumpulkan otoritas sejak 2015. HMRC menyebutkan kebijakan DPT memainkan peran utama dalam upaya pemerintah menangkal pengalihan laba ke luar negeri yang dilakukan secara tidak wajar.

"DPT diperkenalkan, khusus untuk mengubah perilaku pelaku usaha. Pajak ini hanya diterapkan jika perusahaan tidak membayar pajak dengan jumlah tepat, khususnya untuk pembayaran PPh badan," tulis keterangan HMRC, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga:
Inggris Beri Insentif PPN untuk Produk Rumah Tangga yang Disumbangkan

Setoran £6 miliar tersebut terdiri atas £386 juta yang berasal dari proses pemeriksaan langsung, £2,6 miliar dalam bentuk setoran PPN, dan £3 miliar dalam bentuk tambahan setoran PPh badan. Sisanya, berasal dari penilaian ulang otoritas dalam mengubah perilaku wajib pajak.

HMRC menilai kebijakan pungutan DPT telah mengubah pendekatan otoritas dalam menangani praktik pengalihan laba ke luar negeri. Dalam 5 tahun terakhir, penerapan DPT berhasil meningkatkan penerimaan PPN dan PPh badan.

Penerapan DPT dengan tarif 25% atau lebih besar dari tarif umum PPh Badan 20% itu melengkapi upaya HMRC dalam mendorong kepatuhan wajib pajak, selain memakai pendekatan pemeriksaan yang lebih ketat.

Baca Juga:
Rencana Pengenaan PPnBM di Malaysia Ditangguhkan Sementara

"DPT diadopsi untuk mencegah pengalihan laba perusahaan kena pajak di Inggris Raya melalui penghindaran pendirian BUT (Bentuk Usaha Tetap) dan mengurangi substansi ekonomi," sebut HMRC dalam keterangan resmi.

Secara umum, DPT merupakan jenis pajak baru yang diperkenalkan pemerintah pada 2015. Pungutan ini merupakan aksi unilateral yang memberikan hak pemajakan bagi HMRC atas penghasilan yang timbul di wilayah yurisdiksi Inggris yang kemudian dialihkan ke luar negeri.

Seperti dilansir Tax Notes International, HMRC mencatat praktik pengalihan laba ke luar negeri masih terjadi secara masif. Hingga Maret 2020, terdapat 100 penyelidikan pajak aktif yang terkait dengan pengaturan pengalihan laba dengan potensi penerimaan £53 miliar. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 19 April 2024 | 17:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Meski Tidak Lebih Bayar, WP Tetap Bisa Diperiksa Jika Status SPT Rugi

Jumat, 19 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Segera Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online

Jumat, 19 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jangan Diabaikan, Link Aktivasi Daftar NPWP Online Cuma Aktif 24 Jam

Jumat, 19 April 2024 | 15:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kring Pajak Jelaskan Syarat Piutang Tak Tertagih yang Dapat Dibiayakan

Jumat, 19 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP Persilakan WP Biayakan Natura Asal Penuhi 3M

Jumat, 19 April 2024 | 14:30 WIB PAJAK SEKTOR PERTAMBANGAN

Objek Pajak Penghasilan/PPh di Sektor Pertambangan, Apa Saja?