AMERIKA SERIKAT

Soal Pajak Orang Super Kaya, Ini Kata Bill Gates

Redaksi DDTCNews | Rabu, 13 Februari 2019 | 10:46 WIB
Soal Pajak Orang Super Kaya, Ini Kata Bill Gates

Bill Gates. (foto: theverge)

JAKARTA, DDTCNews – Bill Gates, miliarder sekaligus pendiri Microsoft angkat suara terkait wacana pengenaan pajak orang super kaya yang akhir-akhir ini menghangat di Amerika Serikat.

Dia mengaku tidak masalah dengan gagasan pada kenaikan pajak pada orang kaya. Namun, usulan politisi dari Partai Republik Alexandria Ocasia-Cortez terkait marginal tax rate 70% dinilai terlalu ekstrem dan justru kehilangan konteks besar besarnya (missing the big picture).

Melalui sebuah podcast, Bill Gates menjelaskan orang-orang terkaya di dunia tidak bergantung pada gaji. Mereka, sambung dia, memenuhi ‘pundi-pundi’ dengan cara menjual investasi yang selama ini tidak dikenai pajak sebagai penghasilan.

Baca Juga:
Sasar Orang Kaya dan Perusahaan, Putin Naikkan Pajak Setelah Pilpres

“Jadi itu [pajak 70% usulan Alexandria Ocasio-Cortez] salah fokus. Jika Anda fokus pada hal itu, Anda kehilangan konteks/gambar,” tegasnya, seperti dikutip pada Rabu (13/2/2019).

Menurutnya, wacana pajak 70% pada orang pribadi yang berpenghasilan lebih dari US$10 juta per tahun ini salah sasaran. Sekitar 400 orang terkaya di AS selama ini membayar pajak dengan tarif sekitar 20% karena adanya investasi tersebut. Dengan demikian, tidak ada hubungannya juga dengan tarif yang biasa 39,6%.

Bill Gates mengatakan ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan penerimaan pajak dibandingkan dengan wacana pendekatan yang terlampau jauh ‘so beyond’ seperti usulan Alexandria Ocasio-Cortez. Pajak bisa lebih agresif tanpa benar-bener mengancam generasi yang hanya mengandalkan pada pendapatan gaji.

Baca Juga:
250 Miliarder Minta Dipajaki Lebih Banyak, Ingin Tekan Ketimpangan

“Kita bisa lebih progresif, pajak tanah, dan pajak atas modal, ini cara FICA dan pajak jaminan sosial bekerja,” tegasnya, seperti dilansir Market Watch.

Gagasan menaikkan pajak pada orang kaya atau super kaya telah mendapatkan momentum akhir-akhir ini karena orang-orang seperti Ocasio-Cortez dan Senator Elizabeth Warren yang rencananya juga akan mengenakan Pajak tahunan atas kekayaan di atas US$50 juta

Menurut jajak pendapat Politico baru-baru ini, 76% dari pemilih terdaftar di AS berpikir orang terkaya harus membayar lebih. Sebanyak 61% menyetujui ‘pajak kekayaan’ Warren. Usulan Ocasio-Cortez mendapat dukungan 45%, tapi ada 32% yang menentangnya. (kaw)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 03 Mei 2024 | 12:00 WIB AMERIKA SERIKAT

Rasio Audit WP Berkulit Hitam 4 Kali Lebih Besar, IRS Lakukan Ini

Kamis, 18 April 2024 | 13:30 WIB AMERIKA SERIKAT

Bentuk UN Tax Convention, G-7 Ungkap Pentingnya Konsensus dalam Pajak

Rabu, 17 April 2024 | 18:00 WIB AMERIKA SERIKAT

Lapor SPT Tahunan, Biden Bayar Pajak Rp 2,37 Miliar pada 2023

BERITA PILIHAN
Rabu, 08 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS PENERIMAAN NEGARA

Apa Itu Automatic Blocking System?

Rabu, 08 Mei 2024 | 18:00 WIB BEA CUKAI JEMBER

Dapat Laporan Warga, Bea Cukai Gerebek Toko yang Jual Miras Ilegal

Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar