NORWEGIA

Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bakal Dapat Insentif Pajak

Redaksi DDTCNews | Selasa, 15 Juni 2021 | 09:30 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bakal Dapat Insentif Pajak

Ilustrasi.

OSLO, DDTCNews – Pemerintah Norwegia akan memberikan insentif pajak bagi pembangunan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) di lepas pantai.

Menteri Perminyakan dan Energi Tina Bru mengatakan pembangunan PLTB yang berkaitan langsung dengan instalasi pengeboran migas lepas pantai berhak mendapatkan fasilitas fiskal. Selain itu, hal ini juga untuk mendukung penggunaan sumber energi terbarukan.

Menurutnya, insentif yang diberikan kepada pembangunan PLTB lepas pantai sangat signifikan. Operator PLTB hanya perlu membayar PPh badan dengan tarif 22%. Sementara itu, produsen migas dikenakan tarif 78% untuk PPh badan.

Baca Juga:
Pemerintah Siapkan Tarif Royalti 0% untuk Proyek Hilirisasi Batu Bara

"Insentif PLTB berlaku jika sumber listrik yang dihasilkan menjadi sumber energi ladang minyak dan gas di lepas pantai," katanya, dikutip pada Selasa (15/6/2021).

Bru menuturkan rencana detail insentif pembangunan PLTB lepas pantai yang berkaitan dengan kegiatan eksplorasi migas akan disampaikan dalam rencana umum energi nasional. Dokumen tersebut akan dirilis pemerintah pada Jumat pekan ini.

Sementara itu, skema teknis tata cara pemberian insentif PLTB mengacu pada kebijakan administrasi perpajakan bidang perminyakan Norwegia. Asosiasi Migas Norwegia (Norog) pun menyambut baik rencana insentif PLTB lepas pantai untuk pemenuhan energi aktivitas produksi Migas.

Baca Juga:
Otoritas Ini Mulai Pertimbangkan Kembali Program Diskon Cukai Solar

Perwakilan dari Norog Roger Pedersen menuturkan asosiasi menantikan detail arah kebijakan yang akan dirilis pemerintah pekan ini. Menurutnya, asosiasi juga akan memberikan sejumlah rekomendasi terkait dengan insentif pajak untuk pembangunan PLTB.

Salah satunya adalah memberikan insentif pembangunan PLTB tidak hanya untuk pembangkit listrik lepas pantai. Insentif tersebut disarankan untuk bisa diterapkan juga bagi pembangkit listrik tenaga angin yang dibangun di daratan Norwegia.

"Kami sangat menantikan detail tentang ini [insentif PLTB] dalam buku putih energi pada Jumat," tuturnya seperti dilansir upstreamonline.com. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 27 April 2024 | 09:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Meski Lewat Tenggat Waktu, DJP Minta WP OP Tetap Lapor SPT Tahunan

Sabtu, 27 April 2024 | 07:30 WIB PERTUMBUHAN EKONOMI

Sri Mulyani Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 5,17% di Kuartal I/2024

Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP