BERITA PAJAK HARI INI

Mau Buat Kode Billing? Ingat, SSE1 & SSE3 Sudah Tidak Dipakai

Redaksi DDTCNews | Jumat, 10 Januari 2020 | 09:10 WIB
Mau Buat Kode Billing? Ingat, SSE1 & SSE3 Sudah Tidak Dipakai

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews – Berhenti beroperasinya SSE1 dan SSE3 untuk pembuatan kode billing menjadi bahasan beberapa media nasional pada hari ini, Jumat (10/1/2020).

Dalam keterangan resmi yang disampaikan Ditjen Pajak (DJP) dalam laman resminya, tautan SSE1 (https://sse.pajak.go.id) dan SSE3 (https://sse3.pajak.go.id) yang selama ini menjadi tempat pembuatan kode billing tidak bisa diakses lagi.

“Hal ini sebagai wujud integrasi sistem e-Billing dan e-Filing dalam satu tautan guna memudahkan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya,” demikian pernyataan resmi DJP.

Baca Juga:
Pilih Lunasi Utang Pajak, Rekening WP Ini Akhirnya Dibuka Blokirnya

Pagi ini, saat mencoba mengakses kedua tautan tersebut, DDTCNews langsung dialihkan secara otomatis ke laman https://djponline.pajak.go.id/account/login. Anda bisa juga meng-klik tombol login di surut kanan atas laman https://pajak.go.id/.

Selain itu, beberapa media nasional juga menyoroti rencana peluncuran unifikasi SPT masa PPh secara serentak pada tahun ini. Unifikasi SPT masa PPh juga menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk menyederhanakan administrasi yang pada gilirannya memudahkan wajib pajak. Baca artikel berikut berjudul ‘Sebenarnya, Apa Itu Unifikasi SPT Masa PPh?’.

Berikut ulasan berita selengkapnya.

Baca Juga:
Begini Imbauan Ditjen Pajak soal Perpanjangan Penyampaian SPT Tahunan
  • Kanal Pembuatan Kode Billing

Selain melalui DJP Online, pembuatan kode billing bisa dilakukan juga di empat kanal alternatif lainnya. Keempat kanal itu adalah bank/ pos persepsi, penyedia jasa aplikasi perpajakan (PJAP) atau application service provider (ASP), laman portal penerimaan negara, atau melalui petugas DJP.’

Seperti diinformasikan dalam laman resmi Kemenkeu, kode billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan oleh sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran yang akan dilakukan wajib pajak/wajib bayar/wajib setor untuk proses identifikasi penerbit kode billing dalam MPNG2.

Kode billing terdiri atas 15 digit angka. Digit pertama merupakan kode penerbit biling. Angka awal 0, 1, 2, 3 merupakan penanda untuk sistem biling DJP. Angka awal 4, 5, 6 untuk sistem biling Ditjen Bea dan Cukai (DJBC). Angka awal 7, 8, 9 untuk sistem biling Ditjen Anggaran (DJA).

Baca Juga:
Salah Input Kode Akun Pajak dan Sudah Pembayaran, Ini Saran DJP

Anda bisa membaca langkah-langkah pembuatan kode billing DJP di semua kanal tersebut di laman berikut.

  • Perluasan Implementasi

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan uji coba (piloting) unifikasi SPT masa PPh dengan PT Pertamina (Persero) akan dievaluasi setelah kuartal I berjalan. Hasil evaluasi akan menentukan langkah otoritas selanjutnya.

“Dengan Pertamina, kuartal 1 ini sudah berjalan piloting-nya. Nanti di kuartal dua ini baru kalau itu kita evaluasi bagus, kita bisa perluas penerapannya,” kata Hestu.

Baca Juga:
Ajukan Penghapusan NPWP, Utang Pajak Harus Lunas? Begini Ketentuannya
  • Target Penerimaan Cukai Kantong Plastik

Meskipun hingga akhir tahun lalu pengenaan cukai kantong plastik belum menemukan titik terang, pada 2020, Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) kembali menargetkan penerimaannya. Kali ini, target yang dimasukkan hanya mencapai Rp100 miliar, lebih rendah dari dua tahun sebelumnya yang masing-masing senilai Rp500 miliar.

“Target ini lebih realistis sebab industri kantong plastik dan masyarakat masih membutuhkan penyesuaian aturan tersebut,” ujar Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai DJBC Nirwala Dwi Heryanto.

  • Awal Tahun, Kemenkeu Emisi Global Bond

Kementerian Keuangan menerbitkan surat berharga negara (SBN) berdenominasi dolar Amerika Serikat (global bond) dan euro (euro bond). Global bond diterbitkan senilai US$1,2 miliar (tenor 10 tahun) dan US$800 juta (tenor 30 tahun). Euro bond diterbitkan senilai 1 miliar euro (tenor 7 tahun).

“Karena memang kondisi pasar [awal 2020] masih bagus,” ujar Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

14 Januari 2020 | 11:49 WIB

Masih Belum Mengerti Saya Coba Coba Masuk E-Biling dengan NPWP dan Paswort Lama ga Masuk2 maksudnya mau bikin Kode Biling sampai sekarang belum faham haruh bagaimana kalau mau bayar pajak dan mendapatkan kode Biling

11 Januari 2020 | 20:16 WIB

mantap pokok ny.. agar lebih disosialisasikan lagi di media massa baik cetak maupun elektronik n media sosial..mungkin masih banyak wajib pajak yang belum mengetahuiny..

10 Januari 2020 | 20:45 WIB

mantap. ini adalah sebuah terobosan yang baik. sehingga bendahara BOS misalnya juga pasti akan lebih dimudahkan dalam melakukan penerbitan kode billing

ARTIKEL TERKAIT
Sabtu, 20 April 2024 | 08:47 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

SPT yang Berstatus Rugi Bisa Berujung Pemeriksaan oleh Kantor Pajak

Jumat, 19 April 2024 | 08:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Begini Imbauan Ditjen Pajak soal Perpanjangan Penyampaian SPT Tahunan

Kamis, 18 April 2024 | 16:50 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Salah Input Kode Akun Pajak dan Sudah Pembayaran, Ini Saran DJP

BERITA PILIHAN
Sabtu, 20 April 2024 | 17:30 WIB LAYANAN KEPABEANAN

Daftar IMEI di Bandara Bisa 24 Jam? Begini Kata Bea Cukai

Sabtu, 20 April 2024 | 16:45 WIB KEPATUHAN PAJAK

Periode SPT Badan Sisa Sepekan, Perusahaan Belum Operasi Tetap Lapor?

Sabtu, 20 April 2024 | 16:30 WIB KEANGGOTAAN FATF

Di FATF, Sri Mulyani Tegaskan Komitmen RI Perangi Kejahatan Keuangan

Sabtu, 20 April 2024 | 16:00 WIB PEREKONOMIAN INDONESIA

Ada Ketidakpastian, Sri Mulyani Yakin Ekonomi RI Sekuat Saat Pandemi

Sabtu, 20 April 2024 | 13:00 WIB KEBIJAKAN BEA CUKAI

Apa Beda Segel dan Tanda Pengaman Bea Cukai? Simak Penjelasannya

Sabtu, 20 April 2024 | 12:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Minta Perpanjangan Lapor SPT Tahunan? Ingat Ini Agar Tak Kena Sanksi

Sabtu, 20 April 2024 | 11:30 WIB KABUPATEN BULUNGAN

Sukseskan Program Sertifikat Tanah, Pemkab Beri Diskon BPHTB 50 Persen

Sabtu, 20 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Faktor-Faktor yang Menentukan Postur APBN Indonesia

Sabtu, 20 April 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Jasa Konstruksi Bangunan bagi Korban Bencana Bebas PPN, Ini Aturannya