MEDIA VISIT

Lewat Zoom, Tim BKF Kemenkeu Lakukan Media Visit ke DDTCNews

Nora Galuh Candra Asmarani | Jumat, 19 Maret 2021 | 12:02 WIB
Lewat Zoom, Tim BKF Kemenkeu Lakukan Media Visit ke DDTCNews

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan melakukan media visit ke DDTCNews melalui aplikasi Zoom. 

JAKARTA, DDTCNews – Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan melakukan media visit ke DDTCNews pada pagi ini, Jumat (19/3/2021). Dalam kunjungan ini, tim BKF dan DDTC mendiskusikan berbagai isu pajak terkini.

Sekretaris BKF Ayu Sukorini dalam sambutannya mengatakan media visit yang dilakukan secara virtual melalui Zoom ini diharapkan dapat menjaring masukan dan pandangan mengenai kebijakan perpajakan. Kunjungan ini juga diharapkan dapat meningkatkan peran DDTCNews dalam mengomunikasikan kebijakan pajak yang lebih mudah dipahami publik.

“Kiranya rekan-rekan DDTC bisa terus menjadi opinion leader dan membangun pendapat publik yang konstruktif. Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan feedback kepada pemerintah untuk perbaikan kebijakan ke depan,” ujarnya.

Baca Juga:
Setoran Pajak Hanya Tumbuh 3%, DJP Jakarta Pusat Fokuskan Pengawasan

Managing Partner DDTC Darussalam mengapresiasi media visit yang dilakukan BKF. Kunjungan seperti ini, sambungnya, sangat penting untuk menjadi sarana berdiskusi terkait dengan kebijakan pajak yang lebih baik. Hal ini dikarenakan pajak merupakan tanggung jawab bersama.

“Tentunya bagaimana membuat kebijakan pajak ke depan lebih baik lagi dengan melibatkan partisipasi banyak pihak. Dengan demikian, setiap kebijakan pajak itu mudah dieksekusi dan tanpa adanya dispute lagi antara otoritas dan wajib pajak,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Darussalam juga memaparkan profil dari DDTCNews. Dia menjelaskan DDTCNews merupakan bagian dari DDTC. DDTCNews, sambungnya, telah menempati posisi strategis dan menjadi portal serta acuan referensi dalam penyebaran informasi dan kebijakan pajak.

Baca Juga:
DJP Jakbar: Penerimaan Pajak Konstruksi dan Real Estat Tumbuh 25,5%

Agenda kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Plt Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara (PKPN) BKF Pande Putu Oka Kusumawardani. Oka menjelaskan tentang kebijakan perpajakan dalam UU Cipta Kerja dan peraturan turunannya.

Kemudian, diskusi dilanjutkan dengan tanya-jawab mengenai isu-isu perpajakan yang bergulir belakangan ini. Adapun isu yang menjadi topik bahasan di antaranya kerangka kebijakan fiskal, prospek investasi pascaterbitnya UU Cipta Kerja, insentif pajak dan tax expenditure, agenda perluasan basis pajak, penyesuaian threshold pengusaha kena pajak (PKP), PPh final atas usaha jasa konstruksi, strategi pengurangan tax gap, dan pajak digital.

Dalam media visit kali ini, Ayu Sukorini dan Pande Putu Oka Kusumawardani didampingi beberapa analis kebijakan ahli madya PKPN BKF. Beberapa di antaranya adalah Suska, Joni Kiswanto, Suwardi, Purwitohadi, Rustam Effendi.

Baca Juga:
Setoran Cukai Minuman Alkohol Tumbuh 6,58 Persen pada Kuartal I/2024

Ada pula beberapa analis kebijakan ahli muda, seperti Wahyu Hidayat, Melani Dewi Astuti. Kemudian, ada Kepala Subbidang Manajemen Pengetahuan PKPN BKF Adhitya Norma, Kepala Bagian Informasi dan Komunikasi Publik BKF Endang Larasati.

Kemudian, ada Kepala Subbagian Strategi dan Manajemen Komunikasi Publik BKF Adelia Surya Pratiwi dan Staf Subbagian Strategi dan Manajemen Komunikasi Publik Indha Sendary Putri Jayus. Mereka juga didampingi beberapa staf dari Biro KLI Kemenkeu. (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 02 Mei 2024 | 15:08 WIB DITJEN PAJAK

Dirjen Pajak: Kami Tidak Akan Ambil yang Bukan Hak Negara

Kamis, 02 Mei 2024 | 11:30 WIB KANWIL DJP JAKARTA PUSAT

Setoran Pajak Hanya Tumbuh 3%, DJP Jakarta Pusat Fokuskan Pengawasan

Selasa, 30 April 2024 | 15:55 WIB KANWIL DJP JAKARTA BARAT

DJP Jakbar: Penerimaan Pajak Konstruksi dan Real Estat Tumbuh 25,5%

Selasa, 30 April 2024 | 15:30 WIB PENERIMAAN CUKAI

Setoran Cukai Minuman Alkohol Tumbuh 6,58 Persen pada Kuartal I/2024

BERITA PILIHAN
Jumat, 03 Mei 2024 | 11:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Dekati Implementasi Penuh NPWP 16 Digit, Belum Ada Update e-Faktur

Jumat, 03 Mei 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Begini Penentuan Tempat Tinggal saat Pendaftaran NPWP Orang Pribadi

Jumat, 03 Mei 2024 | 10:15 WIB LAYANAN KEPABEANAN DAN CUKAI

Bea Cukai Terima 6.637 Permohonan Keberatan Selama Kuartal 1/2024

Jumat, 03 Mei 2024 | 10:00 WIB PEREKONOMIAN INDONESIA

Begini Proyeksi OECD soal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2024 dan 2025

Jumat, 03 Mei 2024 | 09:00 WIB TARIF BEA KELUAR CPO

Tarif Bea Keluar CPO Tetap US$52 per Ton pada Bulan Ini

Jumat, 03 Mei 2024 | 06:00 WIB BERITA PERPAJAKAN HARI INI

Sri Mulyani Atur Ulang Pemberian Premi di Bidang Bea dan Cukai