FILIPINA

Harga BBM Masih Tinggi, DPR Filipina Bakal Usulkan Insentif Perpajakan

Dian Kurniati | Selasa, 19 September 2023 | 09:11 WIB
Harga BBM Masih Tinggi, DPR Filipina Bakal Usulkan Insentif Perpajakan

Ilustrasi.

MANILA, DDTCNews - Ketua DPR Ferdinand Martin G. Romualdez berjanji mendorong pemerintah Filipina untuk membuat kebijakan yang dapat mengendalikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Romualdez mengatakan DPR bakal mengusulkan solusi untuk memecahkan masalah kenaikan harga BBM. Menurutnya, pemerintah perlu berkompromi sehingga kenaikan harga BBM tidak terlalu menekan masyarakat, termasuk melalui pemberian insentif perpajakan.

"Mungkin yang bisa kami tawarkan adalah kemungkinan peninjauan kembali cukai atau PPN atas BBM. Ini adalah awal yang baik," katanya, dikutip pada Selasa (19/9/2023).

Baca Juga:
Fasilitas Kendaraan dari Pemberi Kerja Bisa Bebas PPh, Cek Batasannya

Romualdez menuturkan beberapa langkah yang dapat ditempuh pemerintah ialah menangguhkan pemungutan cukai BBM, serta meminta produsen menunda pengenaan harga yang lebih tinggi pada komoditas pangan pokok sebagai akibat dari melonjaknya harga BBM.

Menurutnya, tak sedikit negara di dunia yang dihadapkan dengan tantangan kenaikan harga minyak. Dia menilai pemecahan masalah soal lonjakan harga BBM pun membutuhkan kerja sama dari semua pemangku kepentingan.

Romualdez memandang perusahaan minyak harus berbagi beban dengan masyarakat yang terkena dampak kenaikan harga BBM. Sebab, kenaikan harga BBM membuat perusahaan meraup keuntungan besar, sedangkan masyarakat harus menanggung beban hidup lebih berat.

Baca Juga:
Namanya Tak Tercantum di SPT Tahunan Badan, Pengurus Bisa Urus Sertel?

"Saya berharap kita bisa bekerja sama untuk membantu rakyat," ujarnya seperti dilansir newsinfo.inquirer.net.

Perusahaan minyak juga diperkirakan akan kembali menaikkan harga BBM. Harga bensin diproyeksi akan mendekati PHP70 atau sekitar Rp18.950 per liter, sedangkan harga solar berkisar antara PHP70 hingga PHP75 atau Rp18.950 hingga Rp20.310 per liter.

Setelah bertemu dengan Romualdez dan anggota DPR lainnya, eksekutif perusahaan minyak pun menyampaikan bakal menetapkan harga minyak yang lebih rendah.

Di tengah kenaikan harga minyak, DPR dan pengusaha minyak sepakat untuk sama-sama memastikan pasokan BBM aman dengan harga yang wajar. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Minggu, 05 Mei 2024 | 13:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Pegawai Terima SHU Koperasi, Kena Pajak Penghasilan?

Minggu, 05 Mei 2024 | 12:43 WIB KETUA WELLNESS HEALTHCARE ENTREPRENEUR ASSOCIATION, AGNES LOURDA:

‘Pajak Lebih Tinggi, Pemerintah Tak Menyadari Malah Menekan Industri’

Minggu, 05 Mei 2024 | 12:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK DAERAH

Perinci Aturan Pajak Daerah, Kabupaten/Kota Diimbau Siapkan 4 Perkada

Minggu, 05 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Perubahan Skema Penghitungan PPh Pasal 21 untuk Bukan Pegawai

Minggu, 05 Mei 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Alasan Kebijakan Baru soal Impor Barang Kiriman PMI Berlaku Surut