KEBIJAKAN PEMERINTAH

Cegah Korupsi, Bea Cukai Batam Ciptakan Aplikasi Biola

Dian Kurniati | Rabu, 23 Desember 2020 | 09:22 WIB
Cegah Korupsi, Bea Cukai Batam Ciptakan Aplikasi Biola

Aplikasi Biola. (foto: Kantor Bea Cukai Batam)

BATAM, DDTCNews – Guna mencegah praktik korupsi, Kantor Bea Cukai Batam merilis aplikasi Bea Cukai Batam Information Online Apps (Biola) yang dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk melaporkan dugaan gratifikasi yang dilakukan pegawai atau pengguna jasa.

Kepala Kantor Bea Cukai Batam Susila Brata mengatakan aplikasi tersebut resmi diluncurkan pada Hari Antikorupsi Sedunia, 9 Desember lalu. Menurutnya, Kantor Bea Cukai Batam terus berupaya dalam pencegahan praktik korupsi di lingkungannya.

"Ini bukti komitmen kami untuk selalu berperan aktif dalam pencegahan korupsi dan akan menindak dengan tegas setiap praktik korupsi di lingkungan Bea Cukai Batam dan Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Batam," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (23/12/2020).

Baca Juga:
Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Susila mengatakan aplikasi Biola murni buatan Bea Cukai, tanpa melibatkan pihak ketiga. Bidang Kepatuhan Internal Bea Cukai Batam akan bertugas mengelola semua laporan yang masuk melalui aplikasi itu.

Aplikasi Biola telah dilengkapi fitur seperti pencarian laporan, media informasi antikorupsi, dan perpustakaan e-book antikorupsi. Susila berharap penerapan aplikasi Biola dapat menambah semangat para pegawai dalam melawan praktik korupsi di lingkungan Bea Cukai Batam.

Biola merupakan aplikasi berbasis Android yang dikembangkan Subbagian Dukungan Teknis. Aplikasi tersebut memuat fitur untuk melaporkan realisasi penerimaan, video kepabeanan dan cukai, e-book peraturan kepabeanan dan cukai, kalkulator pabean, Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI), dan lain sebagainya.

Baca Juga:
Politisasi Bansos saat Pemilu Tak Terbukti, Jokowi Ingatkan Persatuan

Mengenai laporan realisasi, Bea Cukai Batam akan menyajikannya dalam bentuk grafik interaktif yang berisi total penerimaan bea masuk, bea keluar, dan cukai yang diperinci setiap bulannya.

"Jadi para pengguna jasa bisa memonitor Bea Cukai ini kerjanya seperti apa," ujar Susila.

Sebelum meluncurkan aplikasi Biola, Bea Cukai Batam juga telah menambahkan beberapa fitur dalam aplikasi ION Beta meliputi pelayanan olah gerak, pelayanan boatzoeking atau pemeriksaan terhadap sarana pengangkut barang, dan permohonan pembukaan segel.

Susila menyebut fitur baru tersebut akan menyederhanakan prosedur dan memangkas biaya ekspor-impor di Batam lantaran pengguna jasa tidak perlu lagi datang ke kantor dan mengajukan permohonan menggunakan kertas mengingat semuanya sudah bisa dilakukan secara digital. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak