PERTUMBUHAN EKONOMI

Ini Masterplan SMI Capai Pertumbuhan 6,1%

Redaksi DDTCNews
Kamis, 03 November 2016 | 15.35 WIB
Ini Masterplan SMI Capai Pertumbuhan 6,1%

JAKARTA, DDTCNews - Pemerintah butuh dana Rp2.800 triliun untuk mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 6% sebagaimana diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk tahun 2018 nanti. Maka, pemerintah mempersiapkan beberapa hal untuk mampu mengumpulkan dana sebesar itu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan tidak hanya peran pemerintah yang dibutuhkan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi, tetapi juga butuh dukungan dari para pengusaha. Pasalnya, yang menjadi fokus pertumbuhan ekonomi adalah berasal dari sumber di dalam negeri, seperti investasi dan konsumsi.

"Investasi dari perbankan dan capital market sudah sebesar Rp1.300 triliun. Penanaman modal asing (PMA) & penanaman modal dalam negeri (PMDN) sekitar Rp800 triliun, lalu BUMN yang harus belanja modal diharapkan Rp700 triliun," ujarnya di Jakarta, Rabu (2/11).

Selain itu, Sri Mulyani akan memacu pertumbuhan ekonomi dengan menggerakkan sektor perhubungan, komunikasi, dan telekomunikasi pada kisaran 10%. Kemudian sektor pertanian, perikanan, dan perhutanan yang diharapkan tumbuh di 5-5,4%.

Sri Mulyani menambahkan sektor investasi bisa mengalami pertumbuhan yang terjaga dengan konsisten di angka 9%. Sementara, sektor pertambangan belum bisa diandalkan karena sektor ini masih dalam proses konsolidasi.

Kemudian, upaya lain yang meyakinkan Sri untuk bisa mencapai pertumbuhan ekonomi di tahun 2018 yaitu dengan menahan inflasi tetap berada di bawah 4%, seiring dengan meningkatkan konsumsi hingga di atas 5%.

"Kami juga akan menangani permasalahan di kegiatan ekspor supaya tidak lagi berada di level negatif," tutupnya. (Gfa)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.