PENGGELAPAN PAJAK

Miliarder Serbia Ini Dihukum 5 tahun

Redaksi DDTCNews
Kamis, 23 Juni 2016 | 14.37 WIB
Miliarder Serbia Ini Dihukum 5 tahun

JAKARTA, DDTCNews – Pengadilan antikorupsi di Serbia menghukum salah satu pengusaha terkaya di wilayah Balkan, Miroslav Miskovic, dengan hukuman lima tahun penjara akibat kasus penggelapan pajak. Keputusan pengadilan itu dibacakan pada Senin, (20/6) waktu setempat.

Pria berusia 70 tahun itu dinyatakan bersalah oleh pengadilan antikorupsi karena telah membantu anaknya, Marko Miskovic, menghindari pajak sebesar €3 juta (US$3,4 juta) terkait dengan bisnis konstruksi jalan raya. Tak hanya itu, hakim juga menjatuhkan denda €65 ribu. 

Anaknya, Marko, juga telah dijatuhi hukuman tapi lebih ringan ketimbang ayahnya, yakni penjara 3,5 tahun untuk pelanggaran yang sama. Namun, seusai divonis, mereka membantah tuduhan tersebut. "Kami akan mengajukan banding," ujar Zdenko Tomanovic, pengacara keduanya.

Miroslav Miskovic dulunya adalah sosok yang paling berpengaruh di Serbia. Dia memiliki hubungan dekat dengan beberapa kalangan politik di negara itu. Miroslav diketahui telah membangun kerajaan bisnis di bawah pemerintahan Presiden Serbia dan Yugoslavia Slobodan Milošević pada masa itu, persisnya pada 1990-an.

Selain itu, Miroslav adalah pemilik Delta Holding, salah satu perusahaan terbesar di wilayah tersebut. Perusahaan ini memiliki bisnis retail, real estate, asuransi dan bisnis, juga pertanian di Serbia dan beberapa tempat lain di wilayah Balkan. Perusahaan itu telah memperkerjakan  lebih dari 4 ribu orang dengan turnover  РСД 53 miliar (US$485 juta).

Pada 2007, Miroslav bahkan masuk daftar seribu orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Kekayaannya, seperti dilansir dari thestar.com, diperkirakan mencapai US$ 2 miliar tapi dipercaya telah tumbuh lebih dari itu.

Ketika Miroslav ditangkap pada Desember 2012, Perdana Menteri Aleksandar Vuvic mengatakan hal ini menunjukkan tak ada seorang pun yang tak bisa disentuh oleh lembaga antirasuah. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.