KABUPATEN BOGOR

Bayar Pajak Kendaraan Online Meningkat, Samsat Siapkan Loket Khusus

Muhamad Wildan | Selasa, 04 Agustus 2020 | 14:31 WIB
Bayar Pajak Kendaraan Online Meningkat, Samsat Siapkan Loket Khusus

Ilustrasi. (DDTCNews)

CIBINONG, DDTCNews—Samsat Kabupaten Bogor mencatat terdapat tren peningkatan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui e-Samsat seiring dengan diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"E-Samsat selama pandemi naik signifikan mulai PSBB bulan Maret dan April, pembayaran konvensionalnya turun," ujar Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Bogor Ade Sukalsah, dikutip Selasa (4/8/2020).

Ade menyebutkan transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui e-Samsat setiap bulan berkisar pada 3.000 transaksi. Pada Mei, jumlah transaksi meningkat menjadi 4.707 transaksi dan Juni naik menjadi 5.666 transaksi.

Baca Juga:
Daftar Tarif Pajak Daerah Terbaru di Solo, Pajak Hiburan Hingga 40%

Tren tersebut, lanjut Ade, menunjukkan saluran yang dipilih masyarakat untuk membayar PKB mulai bergeser. Dari awalnya bayar secara konvensional di kantor Samsat, kini melalui fasilitas e-Samsat yang tersedia.

Peningkatan penggunaan pembayaran online ini juga menjadi momentum bagi Samsat untuk menyederhanakan proses administrasi secara berkelanjutan. Salah satunya adalah dengan menyediakan loket khusus untuk pengesahan PKB.

"Datang ke Samsat menukar e-Samsat itu prosesnya disederhanakan lagi. Alhamdulillah, sudah berhasil kita buatkan khusus loketnya di luar (kantor induk samsat). Kita siapkan loket khusus jadi lebih cepat," kata Ade dikutip dari ayobogor.

Baca Juga:
Pemkot Adakan Program Pemutihan PBB, Berlaku hingga 30 September

Saat ini, setidaknya terdapat tujuh outlet Samsat dan layanan Samsat Keliling di masing-masing wilayah Kabupaten Bogor. Di selatan, terdapat outlet Samsat Cisarua, sedangkan di barat terdapat outlet Leuwiliang.

Di utara, Samsat menyediakan outlet Samsat Parung. Di timur, Samsat menyediakan dua outlet yang terletak di Cileungsi dan Jonggol. Di tengah, terdapat Samsat Induk di Sukaraja dan satu lagi di Mall ITC Cibinong. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 27 Maret 2024 | 16:30 WIB KOTA PALANGKA RAYA

Pemkot Adakan Program Pemutihan PBB, Berlaku hingga 30 September

Selasa, 26 Maret 2024 | 12:00 WIB KOTA TASIKMALAYA

Amanat UU HKPD, Pemkot Tasikmalaya Atur Tarif Pajak Daerah Terbaru

BERITA PILIHAN