POLANDIA

Menkeu Mundur dari Jabatan, Buntut Kebijakan Pajak Dituding Gagal

Syadesa Anida Herdona | Rabu, 16 Februari 2022 | 12:30 WIB
Menkeu Mundur dari Jabatan, Buntut Kebijakan Pajak Dituding Gagal

Menteri Keuangan Polandia Tadeusz Koscinski. (sumber: situs pemerintah Polandia)

WARSAW, DDTCNews – Menteri Keuangan Polandia Tadeusz Koscinski mengundurkan diri dari jabatannya. Kabar ini mengejutkan warga Polandia setelah sebelumnya Koscinski dinilai gagal memimpin reformasi pajak Polish Deal.

Perwakilan Partai Hukum dan Keadilan Anita Czerwinska menyampaikan seluruh pejabat negara menerima keputusan pengunduran diri Koscinski.

“Koscinski telah menerima konsekuensi politik dari ‘kelemahan’ yang terjadi saat implementasi aturan pajak Polish Deal,” kata Czerwinska, dikutip Rabu (16/2/2022).

Baca Juga:
Warga Filipina Ingin Sepeda Motor Listrik Dapat Keringanan Pajak

Kebijakan Polish Deal yang mulai diberlakukan pada 1 Januari lalu mulanya menjanjikan penyediaan insentif dan keringanan pajak atas inovasi dan pengembangan usaha. Selain itu, Polish Deal juga menawarkan tarif pajak yang lebih rendah bagi 18 juta penduduk Polandia.

Namun, pada implementasinya beberapa pekerja sektor publik dengan tingkat penghasilan rendah seperti guru mengatakan jika penghasilan yang mereka terima malah lebih rendah dari seharusnya. Kebijakan ini juga dinilai sebagai kebijakan yang sangat kompleks.

Seiring berjalannya kebijakan ini, para selebritas, politikus, hingga musisi pun ikut menyerang Polish Deal yang dinilai tidak tepat sasaran. Namun, Koscinski sempat terus-menerus meyakinkan publik bahwa Polish Deal dapat mengubah metode perpajakan yang ada selama ini.

Baca Juga:
Dukung Negara Tetangga Terapkan Pajak Karbon, ADB Beri Masukan

Koscinski percaya bahwa Polish Deal dapat mengubah berbagai aspek dalam perpajakan atas bisnis. Contohnya, iuran kesehatan yang kini dapat perlahan-lahan dijadikan dasar pengenaan pajak.

Sebelumnya, salah satu penyiar radio sempat memberitakan prediksinya bahwa Menteri Keuangan beserta wakilnya, Jan Sarnowski akan dipecat dari jabatannya. Prediksi ini disampaikan setelah berbagai penilaian buruk atas jalannya eksekusi Polish Deal.

Namun, dilansir Tax Notes International, hingga saat ini Sarnowski masih mempertahankan jabatannya sebagai Wakil Menteri Keuangan. Hal ini sebagaimana dapat terlihat dari website Kementerian Keuangan. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 11 Mei 2024 | 09:37 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Sengketa Pajak akan Mengarah Soal Pandangan Kebijakan, Bukan Uji Bukti

Sabtu, 11 Mei 2024 | 09:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Telat Lapor SPT Tahunan dan Lebih Bayar, Begini Setoran PPh 25-nya

Sabtu, 11 Mei 2024 | 09:00 WIB PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL

Begini Analisis BKF Soal Pertumbuhan Ekonomi hingga Akhir Tahun

Jumat, 10 Mei 2024 | 17:00 WIB KABUPATEN BONDOWOSO

Pemkab Tetapkan Tarif PBB Bervariasi Tergantung Jenis Objek dan NJOP

Jumat, 10 Mei 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kondisi Apa yang Bikin Status PKP Dicabut secara Jabatan oleh DJP?

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Batasan Nilai Transaksi yang Dipotong PPN oleh BUMN dan Pemerintah

Jumat, 10 Mei 2024 | 13:30 WIB KAMUS PERPAJAKAN

Apa Itu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)?