JERMAN

Menkes Ini Bakal Legalkan Ganja! Ternyata Potensi Pajaknya Besar

Dian Kurniati | Sabtu, 29 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Menkes Ini Bakal Legalkan Ganja! Ternyata Potensi Pajaknya Besar

Ilustrasi.

BERLIN, DDTCNews - Ada kabar menarik dari Eropa terkait dengan konsumsi ganja. Pemerintah Jerman bersiap melegalkan ganja untuk penggunaan pribadi.

Menteri Kesehatan Karl Lauterbach melalui makalahnya menyatakan pemerintah akan menerbitkan undang-undang yang mengatur distribusi dan konsumsi ganja untuk keperluan rekreasional di kalangan orang dewasa. Dia memastikan ketentuan tersebut akan membuat distribusi dan konsumsi ganja tetap terkontrol.

"Mendapatkan dan memiliki sebanyak 20-30 gram ganja rekreasional untuk konsumsi pribadi akan menjadi legal," katanya, dikutip pada Sabtu (29/10/2022).

Baca Juga:
Otoritas Ini Mulai Pertimbangkan Kembali Program Diskon Cukai Solar

Koalisi pemerintah telah sepakat melegalkan ganja di bawah kepemimpinan Kanselir Olaf Scholz sejak tahun lalu. Dalam hal ini, ganja hanya akan didistribusikan melalui toko-toko berlisensi.

Selama ini sejumlah negara Eropa telah melegalkan ganja untuk tujuan pengobatan terbatas. Penggunaan ganja untuk tujuan pengobatan juga telah dilegalkan di Jerman sejak 2017.

Apabila rencana itu berjalan lancar, Jerman akan menjadi negara Uni Eropa kedua yang melegalkan ganja untuk penggunaan pribadi, setelah Malta.

Baca Juga:
Rawan Disalahgunakan Turis, Jepang Pakai Sistem Cashless Tax Refund

Lauterbach menyebut pemerintah akan mempresentasikan makalah soal legalisasi ganja kepada Komisi Eropa untuk pra-penilaian. Penyusunan undang-undang hanya akan dilakukan setelah Komisi Eropa memberikan persetujuan.

Jika undang-undang disahkan, budidaya ganja untuk keperluan pribadi akan diizinkan dengan batasan tertentu. Kemudian, investigasi terhadap tindak pidana pidana penggunaan ganja yang sedang berjalan akan dihentikan.

Di sisi lain, pemerintah juga berencana untuk mengenakan pajak atas konsumsi ganja. Potensi penerimaan pajak dan penghematan biaya karena legalisasi ganja diperkirakan sekitar €4,7 miliar atau Rp73,6 triliun dalam setahun.

Baca Juga:
Antisipasi Overtourism, Negara Ini Diminta Terapkan Pajak Turis

Selain itu, legalisasi ganja diperkirakan bakal menciptakan 27.000 pekerjaan baru.

Lauterbach mencatat sekitar 4 juta orang Jerman mengonsumsi ganja. Dari angka tersebut, 25% di antaranya berusia 18-24 tahun. Dia meyakini legalisasi akan efektif menekan peredaran ganja di pasar gelap.

Partai Hijau Jerman mendukung rencana legalisasi ganja untuk konsumsi pribadi. Anggota partai Kirsten Kappert-Gonther menyebut larangan ganja selama beberapa dekade terakhir justru membuat konsumsinya tidak terdeteksi.

Baca Juga:
Digitalisasi Sistem Pajak, Filipina Minta Dukungan World Bank dan ADB

"Karena kondisi yang terlalu ketat, promosi ganja di pasar gelap malah menjadi sangat kuat," ujarnya dilansir tvpworld.com.

Adapun bagi kalangan pengusaha, legalisasi ganja menjadi angin segar untuk memasarkan komoditas tersebut. Kepala eksekutif perusahaan ganja SynBiotic Lars Mueller menyebut perusahaannya akan menawarkan skema waralaba untuk toko ganja ketika undang-undang sudah disahkan. (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 27 April 2024 | 14:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

WP Kelompok Ini Dikecualikan dari Pengawasan Rutin Pelaporan SPT

Sabtu, 27 April 2024 | 14:00 WIB KPP PRATAMA TANJUNG BALAI KARIMUN

WP Tak Lunasi Tunggakan Pajak, Rekening Diblokir dan Saldo Disita

Sabtu, 27 April 2024 | 13:30 WIB ONLINE SINGLE SUBMISSION

Kemendagri Beri Hak Akses Data NIK untuk Keperluan Perizinan di OSS

Sabtu, 27 April 2024 | 12:30 WIB PENERIMAAN PERPAJAKAN

Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Terkontraksi 4,5% pada Kuartal I/2024

Sabtu, 27 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN PERDAGANGAN

Kemendagri Minta Pemda Tetap Antisipasi Inflasi Pasca-Lebaran

Sabtu, 27 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PERPAJAKAN

Penindakan Kepabeanan dan Cukai dari Tahun ke Tahun

Sabtu, 27 April 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Catat! WP Ini Tak Kena Sanksi Denda Meski Telat Lapor SPT Tahunan

Sabtu, 27 April 2024 | 10:03 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Wajib Pajak Siap-Siap Ditunjuk DJP, Ikut Uji Coba Coretax System

Sabtu, 27 April 2024 | 10:00 WIB PENDAPATAN DAERAH

Mendagri Minta Pemda Ambil Terobosan Demi Tingkatkan PAD