Raditya Dika. (tangkapan layar video 0 Menit Ngomongin Pajak di akun Youtube Raditya Dika)
JAKARTA, DDTCNews – Penulis Raditya Dika mengajak masyarakat untuk lebih patuh membayar pajak dan tidak takut menyambangi kantor pelayanan pajak (KPP).
Pria yang juga dikenal sebagai komika sekaligus sutradara ini mengatakan KPP akan memberikan pelayanan yang baik kepada setiap masyarakat yang datang. Dalam hal ini, masyarakat juga dapat berkonsultasi dengan account representative (AR) yang bertugas.
“Sebaiknya kita datang. Kalaupun kita enggak mengetahui apa-apa, datang saja dan bilang ke AR-nya 'tolong dibantu'," katanya dalam video 30 Menit Ngomongin Pajak di Youtube, dikutip pada Minggu (8/5/2022).
Raditya Dika mengatakan isu pajak sering menjadi pertanyaan di antara koleganya sesama penulis dan komika. Di sisi lain, dia juga menilai sebagian orang memiliki ketakutan apabila berurusan atau berinteraksi dengan petugas pajak.
Dia kemudian membagikan pengalamannya memperoleh bantuan dari AR dalam menjalankan kewajiban pajaknya. Hubungan dengan AR di KPP tempatnya terdaftar juga selalu berjalan baik.
Penulis buku Kambing Jantan tersebut lantas mengajak para penonton channel Youtube-nya untuk mulai mendatangi KPP terdekat. Di KPP tersebut, masyarakat dapat leluasa bertanya tentang hak dan kewajibannya sebagai wajib pajak kepada AR.
Raditya Dika juga mengibaratkan AR sebagai customer service (CS) di kantor pajak.
"Kalau logikaku, kita datang ke kantor pajak, kita minta dibantu, nanti AR juga akan merasa bahwa 'Ah, ini orang memang punya niat baik', ketimbang ngumpet-ngumpet," imbuh Raditya. (kaw)