UJI MATERIIL

Ketentuan Pemeriksaan Bukper Digugat, MK Gelar Sidang Pekan Depan

Muhamad Wildan | Kamis, 24 Agustus 2023 | 13:30 WIB
Ketentuan Pemeriksaan Bukper Digugat, MK Gelar Sidang Pekan Depan

Gedung Mahkamah Konstitusi (foto: Antara)

JAKARTA, DDTCNews - Mahkamah Konstitusi bakal menggelar sidang atas permohonan pengujian materiil terhadap ketentuan pemeriksaan bukti permulaan (bukper) pada Pasal 43A ayat (1) dan ayat (4) UU KUP s.t.d.t.d UU 7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

Pemohon bernama Surianingsih dengan kuasa hukum Cuaca Teger dan Shinta Donna Tarigan. Menurut pemohon, dirinya berpotensi mengalami kerugian akibat Pasal 43A ayat (1) dan ayat (4) UU KUP s.t.d.t.d UU HPP. Sebab, bukper dilakukan dengan cara upaya paksa dan pemohon wajib mengikuti upaya paksa tersebut tanpa bisa menggugat apabila terdapat kesalahan prosedur dalam pemeriksaan bukper.

"Tidak ada jaminan posisi seimbang dalam prosedur pemeriksaan bukper pidana perpajakan yang dapat menyebabkan terjadinya pelanggaran hak asasi manusia terhadap pemohon," tulis pemohon dalam permohonannya, dikutip pada Kamis (24/8/2023).

Baca Juga:
WP Penerima Tax Holiday IKN Juga Berhak Dapat Pembebasan PPh Potput

Rencananya, sidang pemeriksaan pendahuluan akan digelar pada 28 Agustus 2023. Lebih lanjut, berdasarkan Pasal 43A ayat (1) UU KUP s.t.d.t.d UU HPP, dirjen pajak memiliki kewenangan untuk melakukan pemeriksaan bukper sebelum dilakukan penyidikan.

Dalam ayat penjelasnya, ditegaskan pemeriksaan bukper memiliki tujuan dan kedudukan yang sama dengan penyelidikan sebagaimana diatur dalam undang-undang yang mengatur mengenai hukum acara pidana.

Menurut pemohon, pemeriksaan bukper tidak dapat dipersamakan dengan penyelidikan. Apabila dibandingkan, terdapat perbedaan pengertiaan yang signifikan antara pemeriksaan bukper dalam UU KUP dan penyelidikan menurut KUHAP.

Baca Juga:
KP3SKP Umumkan Hasil USKP A April 2024, Hanya 10 Peserta yang Lulus

Pemohon menyatakan tujuan pemeriksaan bukper ialah untuk mendapatkan bukper tentang dugaan telah terjadi tindak pidana di bidang perpajakan, sedangkan tujuan penyelidikan adalah untuk mencari dan menemukan peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana.

Pemeriksaan Bukper Identik dengan Penyidikan

Menurut pemohon, pengertian pemeriksaan bukper justru identik dengan pengertian penyidikan. Pemohon menilai pemeriksaan bukper dan penyidikan memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan bukti terkait dugaan tindak pidana yang terjadi.

Selanjutnya, apabila meninjau kewenangan penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) dalam melakukan pemeriksaan bukper sebagaimana diatur dalam PMK 177/2022, kewenangan PPNS dalam pemeriksaan bukper memiliki kemiripan dengan kewenangan dalam rangka penyidikan.

Baca Juga:
Publik Bisa Minta Pegawai Pajak Jadi Narasumber Acara, Begini Caranya

"Terlihat telah ada upaya paksa yang dilakukan dalam proses pemeriksaan bukper. Bahkan sebagian besar kewenangan pemeriksa dalam pemeriksaan bukper merupakan kewenangan yang bersifat memaksa (pihak lain)," tulis pemohon.

Upaya-upaya paksa tersebut contohnya meminjam dan memeriksa dokumen wajib pajak, mengakses data wajib pajak, memeriksa tempat tertentu yang diduga menjadi tempat penyimpanan dokumen, menyegel ruangan tertentu, hingga meminta keterangan atau bukti dari pihak ketiga.

Menurut pemohon, kewenangan-kewenangan ini justru merupakan kewenangan dalam rangka penyidikan, bukan penyelidikan.

Baca Juga:
Berapa Batas Nilai Zakat yang Bisa Dijadikan Pengurang Pajak?

"Ditinjau dari kewenangan apa saja yang dapat dilakukan saat pemeriksaan bukper, menunjukkan bahwa pemeriksaan bukper merupakan bagian dari penyidikan. Pemeriksaan bukper merupakan satu kesatuan dengan penyidikan, bukan dua hal yang terpisah," jelas pemohon.

Walau terdapat upaya paksa yang dilakukan oleh PPNS dalam rangka pemeriksaan bukper, upaya paksa tersebut tidak dapat digugat melalui praperadilan di pengadilan negeri ataupun pengadilan tata usaha negara (TUN).

"Hal ini menunjukkan tidak ada keseimbangan hukum dan perlindungan hak asasi manusia bagi wajib pajak yang diperiksa dalam pemeriksaan bukper tindak pidana perpajakan," sebut pemohon.

Baca Juga:
Hal-Hal yang Membuat NIK dan NPWP Tak Bisa Dipadankan

Pemohon lantas meminta Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menyatakan frasa pemeriksaan bukper sebelum penyidikan pada Pasal 43A ayat (1) UU KUP s.t.d.t.d UU HPP bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat sepanjang tidak dimaknai pemeriksaan bukper yang merupakan bagian dari penyidikan.

Pemohon juga meminta MK untuk menyatakan frasa tata cara pemeriksaan bukper tindak pidana di bidang perpajakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diatur dengan atau berdasarkan PMK dalam Pasal 43A ayat (4) UU KUP s.t.d.t.d UU HPP bertentangan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat sepanjang tidak dimaknai hanya berkenaan dengan hal-hal yang bersifat teknis-administratif dan bukan pembatasan dan/atau perluasan hak dan kewajiban warga negara. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Sabtu, 18 Mei 2024 | 15:00 WIB IBU KOTA NUSANTARA (IKN)

WP Penerima Tax Holiday IKN Juga Berhak Dapat Pembebasan PPh Potput

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:30 WIB PER-6/PJ/2011

Berapa Batas Nilai Zakat yang Bisa Dijadikan Pengurang Pajak?

BERITA PILIHAN
Sabtu, 18 Mei 2024 | 15:00 WIB IBU KOTA NUSANTARA (IKN)

WP Penerima Tax Holiday IKN Juga Berhak Dapat Pembebasan PPh Potput

Sabtu, 18 Mei 2024 | 14:45 WIB LAYANAN KEPABEANAN

Barang dari Luar Negeri Sampainya Lama, Pasti Kena Red Line Bea Cukai?

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:30 WIB PER-6/PJ/2011

Berapa Batas Nilai Zakat yang Bisa Dijadikan Pengurang Pajak?

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Hal-Hal yang Membuat NIK dan NPWP Tak Bisa Dipadankan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Pungut PPN Atas Penyerahan Hasil Tembakau? Pakai Dokumen CK-1

Sabtu, 18 Mei 2024 | 10:00 WIB BPJS KESEHATAN

Pemerintah Pastikan Belum akan Ubah Besaran Iuran BPJS Kesehatan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:35 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Siap-Siap, Coretax System Bisa Rekam Data Transaksi Wajib Pajak