KANWIL DJP JAKARTA PUSAT

Dikukuhkan, 160 Relawan Pajak Kanwil DJP Jakarta Pusat Siap Bertugas

Redaksi DDTCNews | Kamis, 25 Februari 2021 | 11:56 WIB
Dikukuhkan, 160 Relawan Pajak Kanwil DJP Jakarta Pusat Siap Bertugas

Kepala Kanwil DJP Jakarta Pusat Yunirwansyah. (tangkapan layar Zoom)

JAKARTA, DDTCNews – Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Jakarta Pusat melakukan pengukuhan 160 orang relawan pajak 2021 yang berasal dari Institut STIAMI.

Kepala Kanwil DJP Jakarta Pusat Yunirwansyah menyampaikan apresiasi kepada seluruh civitas akademika Institut STIAMI karena konsisten berpartisipasi dalam program relawan pajak selama 3 tahun terakhir. Program relawan pajak di Jakarta Pusat masuk jajaran terbaik pada tingkat nasional.

"Survei pada 2020 secara nasional untuk relawan pajak menempatkan Jakarta Pusat pada posisi ketiga. Saya harap prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun ini," katanya dalam pengukuhan relawan pajak 2021 Kanwil DJP Jakarta Pusat secara daring, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga:
Telat Lapor SPT Tahunan dan Lebih Bayar, Begini Setoran PPh 25-nya

Yunirwansyah menuturkan prestasi sebagai peringkat ketiga secara nasional menandakan adanya kepuasan wajib pajak terkait dengan asistensi relawan pajak dalam pelaporan SPT Tahunan. Adapun pada tahun ini, relawan pajak dari Institut STIAMI tidak hanya mahasiswa.

Terdapat 20 orang dosen pengajar Institut STIAMI yang menjadi relawan pajak 2021. Menurutnya, hal tersebut akan meningkatkan kualitas asistensi relawan pajak saat mendampingi wajib pajak dalam pelaporan SPT Tahunan.

"Jumlah relawan pajak dari Institut STIAMI ada 160 dan 20 orang merupakan dosen. Ini suatu hal yang luar biasa karena dosen terjun langsung,” imbuhnya.

Baca Juga:
Belum Beroperasi, WP Badan Tetap Lapor SPT Masa PPh 21 Jika NPWP Aktif

Yunirwansyah menambahkan keterlibatan aktif kampus dalam program relawan pajak tidak hanya sebagai cara mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan kompetensi peserta didik.

Selain itu, program relawan pajak menjadi salah satu bagian dari upaya otoritas untuk meningkatkan kesadaran pajak dalam jangka panjang. Pasalnya, mahasiswa yang menjadi relawan pajak merupakan calon pembayar pajak pada masa depan ketika sudah lulus dan masuk pasar tenaga kerja.

“Relawan pajak ini suatu hari akan menjadi wajib pajak. Ini merupakan pembelajaran yang penting untuk mahasiswa sebelum masuk ke dunia kerja,” imbuhnya. (kaw)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 11 Mei 2024 | 09:37 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Sengketa Pajak akan Mengarah Soal Pandangan Kebijakan, Bukan Uji Bukti

Sabtu, 11 Mei 2024 | 09:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Telat Lapor SPT Tahunan dan Lebih Bayar, Begini Setoran PPh 25-nya

Sabtu, 11 Mei 2024 | 09:00 WIB PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL

Begini Analisis BKF Soal Pertumbuhan Ekonomi hingga Akhir Tahun

Jumat, 10 Mei 2024 | 17:00 WIB KABUPATEN BONDOWOSO

Pemkab Tetapkan Tarif PBB Bervariasi Tergantung Jenis Objek dan NJOP

Jumat, 10 Mei 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Kondisi Apa yang Bikin Status PKP Dicabut secara Jabatan oleh DJP?

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Batasan Nilai Transaksi yang Dipotong PPN oleh BUMN dan Pemerintah

Jumat, 10 Mei 2024 | 13:30 WIB KAMUS PERPAJAKAN

Apa Itu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)?