PEMBANGUNAN NASIONAL

Pendapat Kadin Soal Percepatan Pembangunan

Redaksi DDTCNews
Senin, 17 Oktober 2016 | 19.30 WIB
Pendapat Kadin Soal Percepatan Pembangunan

JAKARTA, DDTCNews -Ā Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menanti realisasi pembangunan infrastruktur yang diprioritaskan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Infrastruktur menjadi salah satu sektor yang menjadi fokusĀ Jokowi.

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani mengatakan masih ada segenap hal yangĀ dilakukan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur. Sebelumnya Jokowi telah me-reshuffle kabinet kerja dua kali, demi terwujudnya kinerjaĀ pembangunan yang lebih cepat.

"Tentunya percepatan pembangunan infrastruktur menjadi tantangan kabinet kerja. Rencana yang efektif dan beberapa terobosan perlu dilakukan," ujarnya di Jakarta, Senin (17/10).

Menurut Rosan, pemerintah berencana besar untuk membangunĀ infrastruktur Indonesia hingga tahun 2019. Rencana besar tersebut antara lain pembangunan bandara, jalan tol, kawasan industri, pelabuhan, dan waduk. AkanĀ lebih baik apabila swasta diikutsertakan dalam rencana besar ini.

Proyek infrastruktur yang telah selesai dibangun akan lebih baik jika dikelola olehĀ swasta. Hasil dari pengalihan tersebutĀ dapat langsung digunakan untuk mendorongĀ membangun infrastruktur milik pemerintah yang lain.

"Contohnya jalan tol, seharusnya bisa dialihkan ke swasta. Kreatif dalam berpikirĀ dirasaĀ perlu untuk mempercepat pembangunan infrastruktur Indonesia," ucapnya.

Selain itu, infrastruktur yang dimiliki BUMN dinilai akan mampu memperbaiki cash flow pada perusahaan pelatĀ merah dan khususnya yang terlilitĀ utang. Rosan menambahkan bahwa pengalihan iniĀ hanya saran yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk memperbaiki cash flow.

"Karena pembeli akan lebih yakin kepada sektor yang memiliki kejelasan cash flow. Saya rasa jika menunggu anggaran cariĀ akan memakan waktu yang lebih lama, apabila dibandingkan dengan menswastakannya," tutupnya. (Gfa)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.