LOMBA MENULIS DDTCNEWS 2024

Daftar Pemenang Lomba Menulis Artikel Pajak 2024 Berhadiah Rp52 Juta

Redaksi DDTCNews
Rabu, 16 Oktober 2024 | 09.00 WIB
Daftar Pemenang Lomba Menulis Artikel Pajak 2024 Berhadiah Rp52 Juta

Pengumuman pemenang Lomba Menulis Artikel Pajak DDTCNews 2024.

JAKARTA, DDTCNews - Sebanyak 17 artikel terpilih sebagai pemenang Lomba Menulis Artikel Pajak DDTCNews 2024 dengan total hadiah Rp52 juta. Lomba yang digelar oleh DDTCNews ini merupakan bagian dari rangkaian acara HUT ke-17 DDTC pada tahun ini. 

Dari total 109 artikel yang diterima DDTCNews dalam lomba bertema Pemerintah Baru, Kebijakan Pajak Baru?,  sebanyak 50 artikel telah dipublikasikan di DDTCNews. Kemudian, dari seluruh 50 artikel tersebut, dewan juri telah memilih 17 artikel yang dikukuhkan sebagai pemenang lomba. Kelima puluh artikel tersebut juga akan diterbitkan dalam buku Gagasan Perpajakan untuk Prabowo-Gibran.

Juara 1 dimenangkan Ika Fransisca dari Surabaya, Jawa Timur dengan artikelnya berjudul Mendesain Ulang Pemungutan PPN Pengusaha Kecil. Juara pertama berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp8 juta.

Juara 2 dimenangkan Yusuf Akhmadi, dari Depok, Jawa Barat dengan artikel berjudul Rezim Aset Tidak Berwujud Lokal Kunci Rasio Pajak Optimal. Juara kedua berhak mendapatkan uang tunai sejumlah Rp6 juta.

Juara 3 dimenangkan Arief Hidayat, dari Tangerang Selatan, Banten dengan artikelnya berjudul Cukai Gula (MBDK), Solusi Kesehatan dan Kebutuhan Penerimaan? Juara ketiga berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp5 juta.

Director of Fiscal Research & Advisory DDTC B. Bawono Kristiaji menyambut baik hasil akhir dari lomba menulis artikel pajak tahun ini. Bawono melihat animo publik untuk menyuarakan isu pajak masih tinggi. Melalui lomba menulis dan penerbitan buku, menurutnya, banyak anggota masyarakat yang menginginkan ide dan gagasannya tentang pajak didengar dan dijadikan pijakan dalam penyusunan kebijakan pemerintahan yang baru.

"Dari lomba ini bisa terlihat masih banyak orang yang antusias untuk memberikan idenya bagi pemerintahan Prabowo-Gibran. Dari segi ide juga cukup bervariasi, ada yang benar-benar baru, ada yang berupa perbaikan dari kebijakan-kebijakan eksisting. Cuma saya sangat-sangat mengapresiasi antusiasme publik terhadap lomba ini," kata Bawono, Rabu (16/10/2024). 

Wakil Kepala Program Studi Akuntansi School of Business and Management Universitas Kristen Petra Retnaningtyas Widuri menambahkan diselenggarakannya Lomba Menulis Artikel Pajak DDTCNews 2024 menjadi pendorong bagi masyarakat untuk terlibat dalam penyusunan kebijakan pajak bagi pemerintah yang baru. Tema lomba tahun ini yang disesuaikan dengan transisi kepresidenan, menurutnya, berhasil menarik minat ratusan peserta untuk urun rembuk penyusunan kebijakan pajak yang tepat. 

"Saya sangat senang dengan respons luar biasa dari publik. Rata-rata ide dan gagasan yang dituliskan sudah bagus. Kita bisa melihat bahwa ada penulis-penulis yang bisa dengan lugas mengusung argumennya. Pada akhirnya, kami dewan juri tetap harus memilih yang terbaik di antara yang terbaik," kata Widuri. 

Senada dengan Widuri, Dewan Penasihat Tax Center Universitas Trunojoyo (UTM) Madura Gita Arasy Harwida memandang ada banyak artikel yang menarik dan mengusung gagasan baru. Hal ini, menurutnya, menunjukkan dorongan yang kuat untuk memastikan kebijakan pajak ke depan disiapkan dengan matang. 

"Ada gagasan yang cukup visioner. Ada yang bisa langsung dieksekusi oleh pemerintah, ada pula yang perlu waktu untuk bisa mengimplementasikannya. Namun, di luar itu semua, ide orisinal yang disampaikan betul-betul menambah ruang diskusi perpajakan bagi publik," kata Gita. 

Sesuai dengan pengumuman di awal, keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Selain ketiga pemenang utama, terdapat pula pemenang harapan I hingga XIV. Juara Harapan I memperoleh hadiah uang tunai senilai Rp4 juta.

Kemudian, Juara Harapan II memperoleh uang tunai Rp3 juta, Juara Harapan III memperoleh uang tunai Rp2,5 juta, Juara Harapan IV memperoleh uang tunai Rp2 juta, Juara Harapan V memperoleh uang tunai Rp1,5 juta, Juara Harapan VI memperoleh uang tunai Rp1 juta, serta Juara Harapan VII hingga X memperoleh uang tunai Rp500 ribu. 

Selanjutnya, Juara Harapan XI hingga XIV memperoleh paket hadiah berupa 2 buah buku Gagasan Perpajakan untuk Prabowo-Gibran serta paket berlangganan Perpajakan DDTC senilai total Rp1 juta. Paket buku dan berlangganan Perpajakan DDTC juga diberikan kepada seluruh pemenang lainnya.

Adapun pajak hadiah akan ditanggung pemenang. Seluruh pemenang segera dihubungi oleh panitia melalui email. Pemenang akan diminta untuk mengirimkan sejumlah berkas tambahan sebagai syarat pengiriman hadiah. Berikut perincian para pemenang Lomba Menulis Artikel Pajak DDTCNews 2024:

PeringkatNamaJudul (Sesuai Publikasi DDTCNews)Daerah (Sesuai KTP)
Juara IIka FransiscaMendesain Ulang Pemungutan PPN Pengusaha KecilSurabaya, Jawa Timur
Juara IIYusuf AkhmadiRezim Aset Tidak Berwujud Lokal, Kunci Rasio Pajak OptimalDepok, Jawa Barat
Juara IIIArief HidayatCukai Gula (MBDK), Solusi Kesehatan dan Kebutuhan Penerimaan?Tangerang Selatan, Banten
Harapan IDiana Laurencia SidaurukBlockchain: Kunci Transparansi dan Efisiensi Pengelolaan PNBPBekasi, Jawa Barat
Harapan IIGilang KusumabangsaRedesain Kelembagaan Badan Penerimaan NegaraJakarta Timur, DKI Jakarta
Harapan IIIMuhammad Adzka Isma Meninjau Kembali Arah Kebijakan Pajak Internasional IndonesiaJakarta Timur, DKI Jakarta
Harapan IVRizky Hadi Rachmanto Mempertimbangkan Adopsi HS Code dalam Faktur PajakSurakarta, Jawa Tengah
Harapan VDavid AhmadOptimalisasi Pajak: PTKP, Pengelompokan WP, hingga Kepercayaan PublikMalang, Jawa Timur
Harapan VIIka Hapsari Eksplorasi Sumber Pajak Baru dari Ekonomi BiruSemarang, Jawa Tengah
Harapan VIIJordan PrasetyaMenggagas Pengenaan Pajak KoruptorTangerang, Banten
Harapan VIIIElam Sanurihim AyatunaMeningkatkan Kapasitas Otoritas PajakTangerang, Banten
Harapan IXBenny Oktis YanurwendaMengantisipasi Risiko Pajak atas Profit Shifting Pengelolaan TambangTangerang Selatan, Banten
Harapan XMohamad KomarudinNaikkan Tax Ratio? Awasi Pertanian, UMKM, dan Transaksi Utang AfiliasiTangerang, Banten
Harapan XIEdwin AqilOptimalisasi Kebijakan Pajak Sektor Informal: Gig Economy dan UMKMKediri, Jawa Timur
Harapan XIIAnis Urba NingrumMencermati Ketentuan PPN Gula dan Mineral Hasil TambangJombang, Jawa Timur
Harapan XIIIJuwanda Yusuf GunawanMewaspadai Potensi Indonesian Paradox Lewat PajakGunungkidul, DIY 
Harapan XIVMuhammad DahlanMempertimbangkan AI, Blockchain, dan SDM dalam Peningkatan Rasio PajakCirebon, Jawa Barat

(sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.