PORTUGAL

Negara Ini Usulkan Pajak Atas Sinar Matahari

Redaksi DDTCNews
Senin, 10 Oktober 2016 | 18.01 WIB
Negara Ini Usulkan Pajak Atas Sinar Matahari

LISBON, DDTCNews – Pemerintah Portugal akan memungut pajak atas sesuatu yang dapat dibilang unik dan kontroversial, yaitu sinar matahari. Di Portugal, hal ini disebut sebagai upaya untuk mengatasi 'um ruobo’ atau ‘perampokan cahaya di siang hari’.

Menteri Keuangan Fernando Portugal Rocha Andrade mengatakan berdasarkan putusan pengadilan yang terbit pekan lalu, pemilik rumah yang menghadap langsung ke matahari akan menerima peningkatan yang substansial dalam tagihan pajak propertinya.

“Rumah dengan pemandangan yang indah dan dapat memaksimalkan paparan sinar matahari akan dikenakan tarif pajak hingga mencapai 20%, tergantung kenikmatan yang didapatkannya,” ucapnya Senin (10/10).

Menurut Rocha, tujuan utama pemerintah adalah untuk memperkenalkan kesetaraan fiskal yang lebih baik, sehingga kami mendapatkan cerminan harga yang lebih akurat untuk sebuah rumah. Hal ini juga dilakukan untuk menggalakkan kampanye Portugal yang berkeadilan sosial.

Sementara itu, para pemilik rumah dan asosiasi properti mengaku bingung terkait rencana pemerintah ini. Seorang pengusaha properti Joao Fonseca mengatakan telah membangun apartemen yang menghadap langsung ke matahari dalam 10 tahun terakhir untuk memaksimalkan pembangkit listrik tenaga matahari.

“Sekarang kami akan dikenakan pajak atas melakukan hal yang seharusnya dan tidak diatur sebelumnya. Selain itu, banyak juga kawasan pemukiman yang menghadap matahari akan tetapi pemiliknya tidak mampu membayar pajak baru ini," ungkap perwakilan asosiasi tersebut. (Gfa)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.