SEWINDU DDTCNEWS
MEKSIKO

Perusahaan Jumbo Ini Jual Anak Usaha, Penerimaan Pajak Ditaksir Rp19 T

Syadesa Anida Herdona
Selasa, 4 Januari 2022 | 18.00 WIB
Perusahaan Jumbo Ini Jual Anak Usaha, Penerimaan Pajak Ditaksir Rp19 T

America Movil.

MEXICO CITY, DDTCNews – Pemerintah Meksiko akan raup penerimaan pajak senilai MXN28 miliar (peso Meksiko) atau setara Rp19 triliun. Penerimaan pajak ini didapat dari perusahaan telekomunikasi ternama, América Móvil.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador menyampaikan penerimaan pajak senilai triliunan rupiah tersebut berhasil didapat setelah América Móvil menjual anak perusahaannya TracFone ke Amerika Serikat.

"América Móvil telah menjual 100% saham TracFone Wireless Inc. kepada Verizon Communications Inc. di Amerika Serikat. Atas penjualan ini telah diterima US$3,6 miliar secara tunai dan sejumlah saham di Verizon," ujar América Móvil dalam pernyataannya, dikutip Selasa (04/01/2022).

Untuk pembayaran selanjutnya akan bergantung pada kinerja TracFone dalam 2 tahun mendatang. Jika hasilnya baik, Verizon akan membayar kembali US$650 juta secara tunai.

Pada 2020 lalu, grup perusahaan América Móvil secara sukarela membayar pajak perusahaannya senilai MXN8,3 miliar. Bertepatan sehari sebelumnya, otoritas pajak mengumumkan telah 'mengundang' sebuah perusahaan telekomunikasi yang tidak membayar pajaknya selama 2016-2019.

Dilansir Tax Notes International, América Móvil menyampaikan 66 anak perusahaannya tidak akan lagi membayar pajak dalam rezim grup perusahaan.

Sebelumnya, López Obrador menyampaikan merger antara Meksiko Grupo Televisa SA dengan Univision Holdings Inc. menjadi Televisa-Univision akan mendatangkan banyak penerimaan pajak. Merger ini dapat menambah penerimaan pajak hingga MXN10 miliar atau setara Rp6,8 triliun. Simak ‘Media Raksasa Ini Merger, Tambahan Penerimaan Pajak Tembus Rp6,8 T’.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.