INDIA

Kini, Pembalut Wanita 100% Bebas Pajak

Redaksi DDTCNews
Kamis, 02 Agustus 2018 | 12.02 WIB
Kini, Pembalut Wanita 100% Bebas Pajak

NEW DELHI, DDTCNews – Pemerintah India akhirnya menghapuskan pengenaan pajak pada pembalut wanita. Pertimbangannya, masih ada warga wanita yang tidak bisa membeli barang tersebut dengan tambahan tarif pajak.

Menteri Keuangan India Piyush Goyal mengatakan barang tersebut dibebaskan dari pajak agar penggunanya tidak keberatan. Berdasarkan laporan, penghapusan pajak ini juga membantu warga berpenghasilan rendah dari pengenaan pajak yang diklaim tidak seharusnya berlaku.

“Saya yakin semua perempuan akan sangat senang mendengar pengenaan pajak pada barang tersebut kini sudah 100% bebas pajak,” ujarnya di New Delhi, Sabtu (21/7).

Adapun landasan lain dalam menghapus pajak pada barang tersebut yakni karena masih banyak warga yang sulit menemukan sanitasi atau bahkan toilet. Penghapusan pajak ini diharapkan akan mempermudah anak perempuan di India bisa tetap sekolah.

Para aktivis juga menyatakan lega bahwa pembalut perempuan tidak lagi dikenakan pajak tambahan. Mereka juga mengungkapkan kelegaan bahwa beberapa gadis akan lebih mudah tinggal di sekolah.

Pajak untuk pembalut wanita yang berlaku sejak 2017 ini termasuk sebagai pajak barang dan jasa (goods and services tax/GST). Barang tersebut dikenakan pajak 12%.

Meski begitu, pada saat yang sama ada beberapa pajak untuk barang yang dihapuskan, seperti untuk alat kontrasepsi, susu bayi yang diperkaya nutrisi. Selain itu, juga terhadap cat, barang berbahan kulit, lantai bambu, kompor, televisi dan mesin cuci.

Namun, setelah aturan pemajakan pembalut itu disahkan, warga tidak senang dengan pemajakan tersebut. Bahkan hal itu telah memicu serangkaian petisi sebagai bentuk aspirasi seperti petisi berisi 400 ribu tanda tangan. (Gf/Amu)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.